Gaya Yang Dihasilkan Oleh Tenaga Otot Disebut Gaya?

Gaya Yang Dihasilkan Oleh Tenaga Otot Disebut Gaya
Penerbit Erlangga Berdasarkan penyebabnya, gaya dapat dibedakan dalam berbagai macam. Macam-macam gaya tersebut sebagai berikut.

Gaya Otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh kita. Misalnya ketika kita menendang bola, maka kita mengerahkan gaya otot kaki kita. Gaya otot sangat fleksibel karena dikendalikan oleh koordinasi biologis pada manusia. Oleh karena itu, gaya otot bisa mendorong dan menarik. Gaya Magnet adalah gaya yang diakibatkan oleh magnet. Misalnya ketika kita mendekatkan magnet batang pada paku besi. Paku besi akan tertarik dan menempel pada magnet batang. Gaya magnet bersifat menarik benda-benda yang terbuat dari besi. Gaya Gravitasi Bumi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik Bumi terhadap segala benda di permukaan Bumi. Adanya gaya gravitasi menyebabkan kita tetap dapat berdiri di atas permukaan Bumi dan tidak melayang-layang di udara. Gaya Mesin adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin. Gaya mesin sangat membantu aktivitas kita. Misalnya gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin derek dan kerja motor pada mesin kendaraan. Gaya Listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh muatan-muatan listrik. Gaya listrik misalnya terdapat pada sisir dan penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering, sehingga dapat menarik sobekan kertas-kertas kecil. Sisir atau penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering akan memiliki muatan listrik karena kelebihan elektron. Gaya listrik juga terjadi ketika batang kaca digosok-gosok dengan kain sutera kering karena kekurangan elektraon. Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja benda elastis. Contoh gaya pegas terdapat pada ketapel dan busur panah. Karet elastis pada ketapel dapat digunakan untuk melontarkan batu kecil. Tali pada busur panah dapat digunakan untuk melesatkan anak panah.

You might be interested:  Apa Yang Mempengaruhi Besar Self Dischaege Pada Sebuah Baterai?

Dikutip dari buku IPA FISIKA SMP (TAG)/KLS.VIII/Kurikulum 2013 : Penerbit Erlangga

Apa yang dimaksud dengan gaya otot?

Gaya otot ditemukan pada manusia dan hewan yang melibatkan kerja otot – otot pada tubuh. Contohnya pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut; Ketika mendorong lemari, otot – otot kita akan bekerja sehingga menyebabkan lemari tersebut bergerak. Gaya yang diberikan oleh otot disebut dengan gaya otot.

Mengapa gaya otot termasuk gaya sentuh?

Gaya Otot –

Gaya Yang Dihasilkan Oleh Tenaga Otot Disebut Gaya Contoh Gaya Otot Gaya dalam arti otot termasuk kedalam gaya sentuh karena melibatkan sentuhan antara sumber gaya dan objek gaya. Gaya otot menggunakan tenaga yang berasal dari otot dan dihasilkan akibat adanya tarikan atau dorongan. Gaya otot ditemukan pada manusia dan hewan yang melibatkan kerja otot-otot pada tubuh. Contohnya pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut;

    Apa pengaruh gaya otot terhadap benda?

    Pengaruh Gaya Otot – Tahukah kamu pengaruh gaya otot terhadap benda? Walaupun berasal dari otot, gaya otot tetaplah mematuhi hukum Newton, sehingga pengaruhnya dapat disimpulkan sebagai berikut:

      Memberikan Percepatan Pada Benda Diam

    Gaya otot dapat memberikan percepatan pada benda yang diam. Suatu bola yang diam dalam lantai saat kita tending dengan gaya otot, akan melesat dalam kecepatan yang sesuai dengan kekuatan gaya yang kita berikan.Jadi, gaya otot dapat menggerakkan benda yang diam ya.

      Mengubah Kecepatan Benda

    Gaya otot dapat mengubah kecepatan benda yang bergerak. Misalnya bola yang kamu tending memiliki kecepatan 20 m/s, tapi kamu merasa bola terlalu pelan. Sehingga kamu menendang kembali bola tersebut dan kecepatan bolapun bertambah. Selain mempercepat gerak benda, gaya otot juga dapat memperlambat gaya benda. Gaya Yang Dihasilkan Oleh Tenaga Otot Disebut Gaya KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Winger Persib Bandung, Ghozali Siregar, mengayuh sepeda dalam program cross country yang berlangsung di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (29/1/2020).

      Menghentikkan Percepatan Benda

    Jika kita dapat memberikan percepatan, maka kita juga dapat menghentikan percepatan pada benda. Bola yang tadi kamu tendang ditangkap dengan tangan oleh kiper, ini adalah contoh sederhana dalam mengentikan gerak benda. Saat ditangkap, bola percepatan benda langsung berhenti menjadi nol. Baca juga: Gaya pada Gerak: Pengertian dan Pengaruhnya

      Mengubah Arah Gerak Benda

    Gaya otot dapat mengubah arah benda yang sedang bergerak. Bola yang tadi telah ditangkap, dilemparkan oleh kipper ke tengah lapangan dengan kecepatan yang tinggi. Namun bola tersebut dihadang oleh lawan menyebabkan arah bola tersebut berbalik arah kembali ke kipper.

      Mengubah Bentuk Benda

    Gaya otot dapat mengubah bentuk benda dengan gaya yang diberikannya. Hal ini seperti saat kamu merobek kertas, gaya otot-otot tanganmu dapat menarik kertas hingga robek. Kamu dapat membuat patung dari tanah liat, mengempeskan bola, dan menghancurkan barang, itu semua karena gaya otot yang dihasilkan otot-otot tubuhmu.

    Mengapa otot termasuk gaya gesek?

    Gaya Otot –

Gaya Yang Dihasilkan Oleh Tenaga Otot Disebut Gaya Contoh Gaya Otot Gaya dalam arti otot termasuk kedalam gaya sentuh karena melibatkan sentuhan antara sumber gaya dan objek gaya. Gaya otot menggunakan tenaga yang berasal dari otot dan dihasilkan akibat adanya tarikan atau dorongan. Gaya otot ditemukan pada manusia dan hewan yang melibatkan kerja otot-otot pada tubuh. Contohnya pada kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut;