Jelaskan Hak Dan Kewajiban Yang Dimiliki Oleh Tenaga?

Jelaskan Hak Dan Kewajiban Yang Dimiliki Oleh Tenaga
Tunjangan Hari Raya – Selain gaji setiap bulan, satu lagi momen yang paling ditunggu oleh setiap pekerja adalah THR. Pemberian tunjangan ini pun telah diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di sebuah perusahaan.

  • Hal ini juga berkaitan dengan sanksi yang akan diberikan.
  • Sebelumnya, perusahaan tidak akan dikenakan sanksi apa pun bilamana dia tidak memberikan THR kepada para pekerja yang berada di bawah nauangannya.
  • Namun ketika aturan ini muncul, perusahaan pun pada akhirnya harus memberikan THR bagi para tenaga kerja.

Bila tidak, maka ada sanksi sebesar 5% dari total THR yang harus dibayarkan kepada perusahaan. Lamanya masa kerja seorang tenaga kerja sangat memberikan pengaruh terhadap jumlah THR yang akan diperoleh. Pekerja yang telah minimal bekerja selama 1 bulan dalam suatu perusahaan telah berhak untuk mendapatkan THR.

Komposisi dan Perhitungan

Secara garis besar, perhitungan untuk pembagian THR adalah sebagai berikut.

Total Masa Kerja Hitungan
< 12 bulan secara terus menerus (Masa kerja (dalam bulan) x upah 1 bulan) : 12
>12 bulan secara terus menerus Upah 1 bulan

Adapun yang didefinisikan dari kata ‘upah’ boleh jadi berbeda besarnya antara satu perusahaan dan yang lainnya sesuai kebijakan masing-masing. Walau begitu, secara general, besarnya THR yang diberikan boleh jadi hanya berupa gaji pokok atau gaji pokok dan tunjangan tetap.

Tidak semua pekerja harus mengeluarkan pajak atas Tunjangan Hari Raya yang diberikan. PPh 21 atas THR hanya akan dikenakan pada setiap pekerja yang memperolah THR di atas PTKP alias Pendapatan Tidak Kena Pajak. Adapun nominalnya berkisar antara Rp4,5 juta per bulan atau Rp54 juta per tahun. Oleh karenanya, bila tenaga kerja mendapatkan THR kurang dari Rp4,5 juta, maka tidak ada potongan bea pajak yang dikenakan.

Hak dan Kewajiban Kelas 4 Tema 2

Selain besar nominalnya, hal lain dari THR yang senantiasa dinantikan adalah waktu pemberiannya. Pemerintah telah menetapkan bahwa perusahaan wajib memberikan THR kepada setiap tenaga kerjanya paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan berlangsung.

Agar tidak terlambat dan menyalahi aturan, kini ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk melakukan pembayaran baik upah maupun tunjangan kepada pekerjanya. Melalui online payroll misalnya, perhitungan dan pengolahan gaji pun jadi lebih efektif dan efisien. Di samping itu, aplikasi payroll juga terintegrasi dengan data kepegawaian seperti administrasi, absensi dan cuti, laporan pajak dan BPJS, dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa informasi terkait hak dan kewajiban tenaga kerja sesuai dengan UU Ketenagakerjaan. Tak hanya menuntut imbalan, pekerja pun wajib untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang pekerja agar menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif.

You might be interested:  How Close Can Solar Panels Be To Edge Of Roof?

Apa hak dan kewajiban tenaga kerja terkait dengan k3?

APA SAJA TUGAS PENGURUS/PENGAWAS DALAM HAL KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA? – Yang perlu diketahui pertama adalah Pengurus/Pengawas merupakan orang yang mempunyai tugas memimpin langsung sesuatu tempat kerja atau bagiannya yang berdiri sendiri. Berdasarkan pasal 8, 9, 11 dan 14 Undang – Undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pengurus bertanggung jawab untuk :

  1. Memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik dari tenaga kerja yang akan diterimanya maupun akan dipindahkan sesuai dengan sifat – sifat pekerjaan yang diberikan padanya.
  2. Memeriksa semua tenaga kerja yang berada di bawah pimpinannya, secara berkala pada Dokter yang ditunjuk oleh Pengusaha dan dibenarkan oleh Direktur
  3. Menunjukkan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru tentang :
  4. Kondisi-kondisi dan bahaya-bahaya serta apa yang dapat timbul dalam tempat kerjanya
  5. Semua pengamanan dan alat – alat perlindungan yang diharuskan dalam semua tempat kerjanya
  6. Alat-alat perlindungan diri bagi tenaga kerja yang bersangkutan
  7. Cara-cara dan sikap yang aman dalam melaksanakan pekerjaannya
  8. Bertanggung jawab dalam pencegahan kecelakaan dan pemberantasan kebakaran serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, pula dalam pemberian pertolongan pertama dalam kecelakaan.
  9. Melaporkan tiap kecelakaan yang terjadi dalam tempat kerja yang dipimpinnya, pada pejabat yang ditunjuk oleh Menteri Tenaga Kerja.
  10. Secara tertulis menempatkan dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua syarat keselamatan kerja yang diwajibkan, sehelai Undang-undang ini dan semua peraturan pelaksanaannya yang berlaku bagi tempat kerja yang bersangkutan, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca dan menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli kesehatan kerja

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban?

Jelaskan Hak Dan Kewajiban Yang Dimiliki Oleh Tenaga Pixabay Pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli. Bobo.id – Apa pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli ? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian hak adalah bentuk kebenaran, kepemilikan, kewenangan, kekuasaan, derajat, dan wewenang menurut hukum.

  1. Sedangkan pengertian kewajiban dalam KBBI adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan.
  2. Pentingnya pemenuhan hak dan kewajiban sebagai warga negara agar tercipta kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan stabil.
  3. Lalu, apa saja pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut lima ahli berikut ini? 5 Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli 1.
You might be interested:  How Many Units Does A 5Kw Solar System Produce?

Prof. Dr. Notonegoro Pengertian hak menurut Notonegoro, hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.

  • Ewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.
  • Baca Juga: Contoh Hak dan Kewajiban Asasi Warga Negara Indonesia Menurut Undang-Undang 2.

Srijanti Pengertian hak menurut Srijanti, hak merupakan unsur normatif yang berfungsi pedoman berperilaku, melindungi kebebasan, kekebalan, serta menjamin adanya peluang bagi manusia dalam menjaga harkat dan martabatnya. Kewajiban pada intinya adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Kewajiban berarti suatu keharusan maka apapun itu jika merupakan kewajiban kita harus melaksanakannya tanpa ada alasan apapun itu.3. Prof. Soerjono Soekanto Menurut Prof Soerjono Soekanto, hak dibagi menjadi dua jenis, yakni hak searah (relatif) dan hak jamak (absolut). Hak searah adalah hak yang terdapat dalam hukum dan berkaitan dengan perjanjian.

Contohnya, hak untuk menagih. Sementara itu, hak jamak terbagi menjadi empat, antara lain: – Hak dalam hukum tata negara. – Hak kepribadian: hak kehidupan, hak tubuh, hak kehormatan dan kebebasan. – Hak kekeluargaan: hak suami, hak istri, hak orang tua, hak anak.

– Hak atas objek imateriel: hak paten, hak cipta, dan hak dagang merek. Pengertian kewajiban menurut Soerjono Sukanto terdiri dari: Baca Juga: Pengertian Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Menurut Pakar dan Undang-Undang – Kewajiban mutlak : Kewajiban terhadap diri sendiri. – Kewajiban publik : Kewajiban mematuhi peraturan atau hukum yang berhubungan dengan kepentingan publik.

– Kewajiban positif : Kewajiban menghendaki untuk melakukan sesuatu. – Kewajiban universal (umum) : Kewajiban yang berlaku secara umum atau berlaku untuk seluruh warga negara tak terkecuali. – Kewajiban primer : Kewajiban yang dilakukan sehari-hari, berhubungan dengan orang-orang sekitar dan bukan suatu kewajiban yang berhubungan dengan hukum.4.

John Salmond Pengertian hak menurut John Salmond adalah terbagi menjadi 4 pengertian, yaitu: – Hak dalam arti sempit adalah suatu istilah yang umumnya diketahui sebagai pasangan dari kewajiban. – Hak dalam arti kemerekaan adalah hak yang memberikan kemerdekaan seorang individu dalam melakukan, menerima, dan memiliki sesuatu.

– Hak dalam arti kekuasaan adalah hak yang diterima individu dan digunakan untuk melalui jalan dan metode hukum. – Hak dalam arti kekebalan yakni hak yang memiliki potensi serta kuasa untuk membebaskan seorang individu dari kekuasaan hukum individu lain.

  • Sedangkan pengertian kewajiban menurut John Salmond adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh seseorang dan jika tidak melakukan suatu hal tersebut, maka akan memperoleh sanksi.5.
  • George Nathaniel Curzon Curzon membagi pengertian hak menjadi 5 pengertian, yakni hak sempurna, hak positif, hak utama, hak public, dan hak milik.
You might be interested:  Tipe Baterai Power Bank Yang Bagus?

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Hak dan Kewajiban Warga Negara – Hak sempurna adalah jenis hak yang dapat memiliki potensi untuk dilaksanakan serta dipaksakan melalui jalur hukum. – Hak positif adalah hak menuntut adanya sebuah perbuatan ataupun tindakan.

Hak utama adalah wujud hak yang diperjelas oleh hak-hak lain, adapun hak tambahan dalam hak utama, kegunaannya untuk melengkapi hak utama. – Hak publik merupakan hak yang berlaku di lingkungan umum baik lingkungan kelompok, masyarakat, bahkan negara dan hak perdata, ada pada seorang individu. – Hak milik adalah hak yang memiliki hubungan dengan kepemilikan barang dan hak pribadi memiliki hubungan dengan kedudukan atau pangkat dari seorang individu.

Sedangkan pengertian kewajiban menurut Curzon adalah suatu tindakan yang harus dikerjakan dan diselesaikan memiliki beberapa jenis. Menurut Curzon, kewajiban dibagi menjadi lima jenis, yaitu kewajiban mutlak, kewajiban publik, kewajiban positif dan negatif, kewajiban umum dan khusus, serta kewajiban primer.

  • Ewajiban mutlak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri dan tidak berkaitan dengan hak serta tanpa harus mengaitkan hak di lain pihak.
  • Ewajiban publik adalah jenis kewajiban yang berkaitan dengan hak-hak publik.
  • Ewajiban positif dan negatif adalah kewajiban seorang manusia untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan sesuatu hal.

– Kewajiban umum adalah kewajiban yang ditujukan kepada semua warga yang tinggal dan hidup pada suatu negara secara umum. – Kewajiban primer adalah kewajiban yang bisa muncul dari tindakan atau perilaku seseorang yang tidak melawan hukum.

Kuis!
Sebutkan pengertian hak menurut Srijanti!
Petunjuk: Cek halaman 2!

Tonton video ini juga, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.