Jelaskan Tentang Pengikisan Sebagai Bagian Dari Tenaga Eksogen Yang Merusak?

Jelaskan Tentang Pengikisan Sebagai Bagian Dari Tenaga Eksogen Yang Merusak
2. Pengikisan – Pengikisan atau erosi adalah peristiwa pengikisan yang disebabkan oleh media yang bergerak seperti angin, gelombang air laut, air ataupun gletser. Berdasarkan jenis perombakannya, erosi terbagi menjadi 5, yaitu :

Erosi oleh Air

Erosi air adalah erosi yang terjadi disebabkan oleh air atau air hujan. Dimana tingkat curah hujan yang tinggi akan mempengaruhi bentuk daerah yang dilewatinya. Erosi air ini dapat mengakibatkan tebing pada sungai menjadi semakin dalam, lembah menjadi semakin curam dan terjadi pembentukan gua.

Erosi oleh Angin

Erosi oleh angin adalah peristiwa pengikisan yang disebabkan oleh pergerakan angin. Proses pengikisan batuan yang disebabkan oleh angin dinamakan sebagai deflasi sedangkan proses erosi oleh angin disebut sebagai korosi. Biasanya erosi angin ini dapat membentuk lubang-lubang kecil di batuan dan biasanya hal ini dapat ditemukan di daerah gurun atau pantai.

Erosi oleh Gletser

Erosi oleh gletser disebabkan oleh lapisan es yang biasanya berada di daerah pegunungan. Dimana pengikisan ini terjadi di wilayah yang memiliki empat musim. Pada musim semi terjadi erosi oleh gletser yang meluncur ke lembah sehingga lereng menjadi terjal. Beberapa bentuk erosi yang disebabkan oleh gletser antara lain adalah cirques dan palung glasial.

Erosi oleh Gaya Berat

Erosi yang dimaksud disini adalah batuan atau sedimen yang bergerak terhadap posisi kemiringannya yang merupakan proses erosi yang disebabkan oleh gaya berat. Dimana proses erosi ini akan berlangsung sangat cepat sehingga dapat menimbulkan bencana longsor. Artikel terkait : Akibat Terjadinya Tanah Longsor – Cara Mencegah Tanah Longsor

Erosi oleh Organisme

Organisme yang dimaksud adalah organisme yang bergerak sebagai erosi yaitu binatang atau manusia. Erosi yang disebabkan oleh organisme ini berupa galian binatang atau lubang galian yang disebabkan oleh manusia. Beberapa hasil endapan dari erosi organisme antara lain adalah karang coral dan sarang binatang seperti semut.

Apakah pengikisan termasuk tenaga eksogen?

Proses Tenaga Eksogen Membentuk Muka Bumi – Tenaga eksogen merombak permukaan bumi akibat dari proses pelapukan, pengikisan (erosi), pengendapan, dan pergerakan batuan atau tanah. Dalam prosesnya ketiga fenomena tersebut biasanya dibantu oleh air, udara, maupun es.

Pelapukan adalah peristiwa ketika batuan dari gumpalan besar hancur menjadi gumpalan kecil dan melebur menjadi bentuk yang sangat halus. Proses pelapukan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan dapat terjadi secara mekanik, kimiawi, dan organik. Pelapukan mekanik yaitu peristiwa hancurnya material batuan tanpa mengubah struktur yang dipengaruhi oleh perbedaan temperatur, dan lainnya.

Lalu, pelapukan kimiawi yaitu proses pelapukan batuan yang mengubah susunan kimiawi dan struktur batuan. Sedangkan pelapukan organik adalah proses pelapukan yang terjadi karena aktivitas makhluk hidup seperti tumbuhan lumut, atau tumbuhan paku-pakuan, maupun aktivitas hewan seperti cacing tanah dans serangga.

Erosi adalah pengikisan batuan yang diakibatkan oleh media yang bergerak seperti aliran air sungai, angin, gelombang laut, dan gletser. Dengan kata lain, proses erosi mengubah atau memindahkan massa batuan secara alami dari satu tempat ke tempat lain. Erosi terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan tenaga perombaknya yaitu erosi air, erosi angin (deflasi), erosi gelombang laut (abrasi), dan glasial.Bentuk permukaan bumi akibat erosi misalnya tebing sungai yang semakin dalam, lembah yang curam, pembentukan gua, atau badan sungai yang melebar.

Hasil dari erosi tidak berhenti dan diam di satu tempat saja. Prosesnya berlanjut ke tahap pengendapan di daerah yang memungkinkan untuk menimbun suatu material. Nah, penimbunan material ini yang kita sebut dengan sedimentasi. Jadi, sedimentasi adalah pengendapan material hasil pengikisan dan pelapukan yang disebabkan oleh air, angin, gletser ke suatu wilayah untuk diendapkan.

Tenaga apa saja yang bisa memengaruhi pengikisan dan erosi?

2. Pengikisan – Pengikisan atau erosi adalah peristiwa pengikisan yang disebabkan oleh media yang bergerak seperti angin, gelombang air laut, air ataupun gletser. Berdasarkan jenis perombakannya, erosi terbagi menjadi 5, yaitu :

Erosi oleh Air

Erosi air adalah erosi yang terjadi disebabkan oleh air atau air hujan. Dimana tingkat curah hujan yang tinggi akan mempengaruhi bentuk daerah yang dilewatinya. Erosi air ini dapat mengakibatkan tebing pada sungai menjadi semakin dalam, lembah menjadi semakin curam dan terjadi pembentukan gua.

Erosi oleh Angin

Erosi oleh angin adalah peristiwa pengikisan yang disebabkan oleh pergerakan angin. Proses pengikisan batuan yang disebabkan oleh angin dinamakan sebagai deflasi sedangkan proses erosi oleh angin disebut sebagai korosi. Biasanya erosi angin ini dapat membentuk lubang-lubang kecil di batuan dan biasanya hal ini dapat ditemukan di daerah gurun atau pantai.

Erosi oleh Gletser

Erosi oleh gletser disebabkan oleh lapisan es yang biasanya berada di daerah pegunungan. Dimana pengikisan ini terjadi di wilayah yang memiliki empat musim. Pada musim semi terjadi erosi oleh gletser yang meluncur ke lembah sehingga lereng menjadi terjal. Beberapa bentuk erosi yang disebabkan oleh gletser antara lain adalah cirques dan palung glasial.

You might be interested:  Untuk Mengerahkan Tenaga Romusha Maka Dibentuk Kepanitiaan Yang Disebut?

Erosi oleh Gaya Berat

Erosi yang dimaksud disini adalah batuan atau sedimen yang bergerak terhadap posisi kemiringannya yang merupakan proses erosi yang disebabkan oleh gaya berat. Dimana proses erosi ini akan berlangsung sangat cepat sehingga dapat menimbulkan bencana longsor. Artikel terkait : Akibat Terjadinya Tanah Longsor – Cara Mencegah Tanah Longsor

Erosi oleh Organisme

Organisme yang dimaksud adalah organisme yang bergerak sebagai erosi yaitu binatang atau manusia. Erosi yang disebabkan oleh organisme ini berupa galian binatang atau lubang galian yang disebabkan oleh manusia. Beberapa hasil endapan dari erosi organisme antara lain adalah karang coral dan sarang binatang seperti semut.

Tuliskan apa saja yang termasuk tenaga eksogen?

Geografi Kelas 10 | Tenaga Eksogen: Pelapukan, Erosi, Sedimentasi, dan Pergerakan Massa Tanah Artikel geografi kelas 10 ini menjelaskan 4 hal yang termasu ke dalam tenaga eksogen bumi. Mulai dari pelapukan, erosi, sedimentasi, dan pergerakan massa tanah – Menurut kamu, kenapa bumi bisa berbentuk seperti sekarang? Nggak. Ini bukan ngomongin soal bumi bulat dan datar ya.

  • Tapi coba, deh, kamu pikir.
  • Ira-kira apa yang menyebabkan bumi punya Ada dataran tinggi.
  • Ada dataran rendah.
  • Ada gunung.
  • Ada tebing.
  • Hal ini karena ada tenaga yang “mengubah” bentuk permukaan bumi.
  • Sewaktu dulu aja benua kita menyatu kok.
  • Disebutnya Pangea.
  • Di masa ini ada kalajengking laut yang panjangnya 2,3-2,6 m.

Goks gak? Di mana Indonesia? (Sumber: Thought.co) Jadi, permukaan kulit bumi memang akan terus berubah bentuknya. Tenaga ini, terbagi menjadi 2: tenaga endogen dan eksogen, Tapi, pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas tenaga eksogen ya. Apa sih tenaga eksogen itu? Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi. Hayo, kira-kira berbagai faktor tadi bisa menyebabkan apa bagi permukaan bumi? Yak, betul. Bisa terjadi pelapukan, erosi, sedimentasi, dan pergerakan massa tanah ( mass wasting ). Pelapukan adalah proses penghancuran massa batuan menjadi massa tanah. Kamu pasti pernah ngeliat deh rantai/besi yang mengalami karat. Nah, itu adalah salah satu contoh dari pelapukan. Pada umumnya, proses pelapukan ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Pelapukan Fisik (Mekanis) Pada pelapukan fisik, proses penghancuran batuan menjadi pecahan yang lebih kecil terjadi tanpa mengalami perubahan susunan kimia. Biasanya, pelapukan ini terjadi karena perubahan musim, menyusupnya es di celah batuan, atau perbedaan suhu siang dan malam yang ekstrem.

Makanya, kalau kamu main-main ke gurun, tidak jarang bebatuan di sana banyak yang pecah. Beda kayak di kota tempat kamu tinggal. Batunya banyak yang padat dan keras. Hal ini disebabkan karena perubahan suhu siang dan malam di gurun cukup tinggi. Pelapukan Kimia Dari namanya aja udah jelas banget ya. Pelapukan kimia adalah jenis pelapukan yang terjadi karena faktor astrologi kimia dong! Salah satu faktor penting dalam pelapukan kimia adalah air.

Iya, coba aja perhatiin. G embok rumah kamu pasti akan lebih cepat karatan kalau sering terkena hujan, kan? Karat yang timbul itu lah yang dinamakan pelapukan kimia. Emang gimana caranya air hujan bisa membuat gembok besi jadi karat? Sewaktu terkena air hujan, akan terjadi yang namanya hidrolisis air.

Hal ini membuat tingkat keasaman gembok besi meningkat. Ion H + yang muncul dari air hujan, perlahan-lahan akan membuat korosi deh. Pelapukan Biologis Pelapukan biologis adalah pelapukan yang disebabkan oleh organisme melalui aktivitasnya. Contoh paling gampang adalah yang terjadi di rumah kita. Coba, deh, kamu ketok kusen pintu rumah kamu.

Kalau bunyinya ‘Dok! Dok! Dok!’ berarti kusen kamu dimakan rayap dan lapuk. Bunyi itu menandakan kayu kamu telang kopong/berongga di bagian dalamnya. Kalau kamu nggak ngetok tapi tetap muncul bunyi ‘Dok! Dok! Dok!’ berarti kamu lagi di RSUD. Kalau sewaktu kamu ketok bunyinya ‘Sst! Sst! BERISIK!’ itu mungkin saudara kamu keganggu karena kamu kekencengan ngetoknya. Setelah mengalami pelapukan, massa batuan yang telah pecah menjadi partikel-partikel kecil akan menyatu dengan tanah. Setelahnya, tenaga eksogen yang bisa muncul adalah erosi. Kamu pasti sering denger, dong, kata erosi. Kata ini biasa muncul saat seorang pembalap ingin menyalip saingannya di tikungan. ‘Erosi! Minggir lo! Gue mau nyalip!’ Ini Valentino Rossi, bukan erosi (sumber: www.ridertua.com) Ya itu bener, sih. Tapi erosi yang dimaksud di sini bukan Rossi itu ya. Erosi merupakan proses pengikisan permukaan bumi oleh media yang melibatkan pengangkatan partikel batuan. Berdasarkan penyebabnya, erosi dibagi menjadi 4 kelompok: Ablasi Ablasi merupakan erosi yang disebabkan oleh air sungai atau hujan. Ablasi yang disebabkan oleh aliran sungai itu bisa membuat tebing di sungai bisa semakin dalam, lho. Adapun 4 tahap terjadinya ablasi sebagai berikut:

  • 1) Erosi percik: Jatuhnya air hujan dan mulai mengikis tanah.
  • 2) Erosi lembar: Tanah bagian atas yang terkikis, kesuburannya mulai berkurang.
  • 3) Erosi alur: Kikisan tanah tadi mulai membentuk alur sebagai tempat mengalirnya air.
  • 4) Erosi parit: Terbentuk parit/lembah karena kikisan dari aliran air terus menerus.

Kalau gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba kangen, mungkin kamu terkikis kenangan. EA! Korasi dan Deflasi Korasi/deflasi merupakan erosi yang disebabkan oleh angin. Biasanya, korasi dan deflasi ini terjadi di daerah gurun. Oh iya, satu hal yang penting adalah, ada perbedaan tipis antara korasi dan deflasi.

Meskipun sama-sama disebabkan oleh angin, korasi merupakan erosi yang disebabkan oleh angin dan pasir (badai pasir), sementara deflasi hanya angin saja. Coba kamu mengetik kata ‘ mushroom rock’ di google. Maka akan muncul berbagai gambar batu yang bentuknya unik. Ingat ya, mushroom rock. Jangan mushroom crispy.

Nanti kenyang. Batu-batu itu, terjadi karena proses korasi/deflasi yang panjang. Berbagai mushroom rock (sumber: www.thevintagenews.com) Abrasi Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut. Kalau kamu hobi jalan-jalan ke pantai, salah satu tempat paling didamba adalah berdiri di pinggir tebing, lalu menatap kejauhan laut.

Nah, tebing ini bisa terbentuk karena adanya gesekan dari gelombang laut yang membentur. Goa-goa yang ada di pantai juga bisa terjadi karena abrasi ini, lho. Eksarasi Eksarasi adalah pengikisan yang disebabkan oleh es yang mencair (gerakan lapisan es). Karena mencairnya es ini, akhirnya batuan yang ada akan masuk ke bawah dan mengendap.

Fenomena alam hasil dari eksarasi ini dinamakan fjord. Penampakannya seperti sebuah pantai yang menjorok ke darat dan dikelilingi oleh tebing curam. Salah satu fjord di norwegia (sumber: bussinessinsider.com) Sedimentasi adalah peristiwa mengendapnya material batuan yang dibawa oleh angin atau air. Kalau pada erosi dan pelapukan terkesan “merusak” yang telah ada, sedimentasi justru “menambah” material baru.

  1. Berdasarkan penyebabnya, sedimentasi dibagi menjadi tiga jenis, yakni akuatis (pengendapannya disebabkan tenaga air), marine (disebabkan oleh gelombang air laut), dan geolis (pengendapannya disebabkan oleh embusan angin).
You might be interested:  Bentuk Muka Bumi Yang Disebabkan Tenaga Tektonik Ditunjukkan Oleh Nomor?

Pergerakan massa tanah ( mass wasting) adalah semua pengangkutan massa tanah menuruni lereng karena adanya pengaruh gravitasi. Sederhananya, mass wasting ini yang sering kita sebut sebagai “longsor”. Semakin “tinggi/curam” tanahnya, maka kecepatan pergerakan massa tanahnya juga tinggi.

Sumber: giphy.com Yuhuuu. Sekarang sudah tahu, kan, apa saja yang termasuk ke dalam tenaga eksogen serta penjelasan lengkap mengenai pelapukan, erosi, sedimentasi, dan pergerakan massa tanah ( mass wasting ). Kalau kamu ingin mempelajari materi seperti ini dalam bentuk video, lengkap dengan animasi menarik, tonton aja di Referensi: Wardiyatmoko.2006.

Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Sindhu P. Yasinto.2016. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Sumber foto: Foto Di mana Indonesia?, Tautan: https://www.thoughtco.com/things-you-should-know-about-earth-3072539 Foto Ini Valentino Rossi,

Tautan: https://ridertua.com/2020/01/13/rossi-atau-marquez-siapa-pembalap-dengan-teknik-braking-terbaik/ Foto Berbagai mushroom rock, Tautan: https://www.thevintagenews.com/2017/06/14/naturally-formed-mushroom-rocks-defy-gravity-but-are-being-targeted-by-vandals/ Artikel terakhir diperbarui pada 3 Desember 2020.

: Geografi Kelas 10 | Tenaga Eksogen: Pelapukan, Erosi, Sedimentasi, dan Pergerakan Massa Tanah

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengikisan?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Erosi (dari bahasa Latin erosionem “menggerogoti”) atau disebut juga pengikisan adalah suatu peristiwa yang terjadi secara alami oleh pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat transportasi oleh angin, tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi atau oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang atau pertumbuhan akar tanaman yang mengakibatkan retakan tanah dalam hal ini disebut bio-erosi,

  • Erosi tidak sama dengan pelapukan akibat cuaca, yang mana merupakan proses penghancuran mineral batuan dengan proses kimiawi maupun fisik, atau gabungan keduanya.
  • Secara umum erosi melibatkan tiga proses yaitu pelepasan ( detachment ), transformasi ( transformation ), dan pengendapan ( sedimentation ).

Erosi yang terjadi dapat membentuk banyak penampakan alam menarik seperti puncak gunung, lembah dan garis pantai, Erosi sebenarnya merupakan proses alami yang mudah dikenali, namun di kebanyakan tempat kejadian ini diperparah oleh aktivitas manusia dalam tata guna lahan yang buruk, penggundulan hutan, kegiatan pertambangan, perkebunan dan perladangan, kegiatan konstruksi atau pembangunan yang tidak tertata dengan baik dan pembangunan jalan,

Apa saja dampak negatif dari tenaga eksogen?

Berikut dampak negatif eksogen : Erosi yang terjadi secara besar-besaran dapat menyebabkan hilangnya kesuburan tanah. Erosi pada daerah pantai menyebabkan berkurangnya luas lahan pantai.

Jelaskan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya tenaga eksogen?

Tenaga eksogen – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini, artinya tidak ada artikel lain yang,Bantulah ke artikel ini dari atau coba, Tag ini diberikan pada Oktober 2016.

table>

Artikel ini tidak memiliki atau sehingga isinya tidak bisa, Tolong bantu dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu. Cari sumber: – · · · ·

Tenaga eksogen iaitu tenaga yang berasal dari luar, Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari, Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi. Laut termasuk tenaga eksogen Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber, iaitu:

, iaitu perubahan suhu dan angin. iaitu berupa seperti aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut,, dan sebagainya. iaitu berupa,,, dan,

Di permukaan laut, bahagian yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen iaitu dengan pengenapan, pengikisan dan pengangkutan, serta, Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktiviti atau, Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, atau dengan hanya,

Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus. Contoh lain dari tenaga eksogen adalah pengikisan pantai. Setiap saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis dan terbawa oleh air.

Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai menjadi dangkal. Di daerah pegunungan bisa juga ditemukan sebuah bukit batu yang kian hari semakin kecil akibat tiupan angin. Ada pun geologi yang berlangsung sepanjang masa.

You might be interested:  Teori Tentang Tata Surya Yang Sekarang Digunakan Adalah?
Artikel bertopik ilmu pengetahuan ini adalah sebuah, Anda dapat membantu Wikipedia dengan,

ul>

Diperoleh dari “” : Tenaga eksogen – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen Kemudian sebut dan jelaskan contohnya?

jelaskan pengertian tenaga eksogen dan sebutkan yang termasuk tenaga eksogen Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Contoh : Pengikisan karang pantai oleh air laut.Tenaga eksogen secara umum berasal dari 3 sumber, – Perubahan suhu dan angin.- Air – Makhluk hidup TENAGA EKSOGEN Adalah tenaga yang bersifat dari luar bumi dan sifatnya merusak.contoh : pelapukan, erosi, pengangkutan, : jelaskan pengertian tenaga eksogen dan sebutkan yang termasuk tenaga eksogen

Bagaimana proses tenaga eksogen dan pengaruhnya terhadap kehidupan?

Pembahasan – Hallo kawan kawan semuanya Kira kira teman teman brainly masih semangat belajar materi geografi ga yaa ? Kalo masing semangat belajar, yuk kita sama sama belajar materi geografi. Lihat pembahasan dibawah ini ya guyss Perubahan bentuk muka bumi secara alamu dipengaruhi oleh dua tenaga yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.1.Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi yang memiliki sifat membangun.

Tenaga endogen meliputi yaitu sebagai berikut: a.Tektonisme yaitu perubahan letak lapisan kulit bumi yang disebabkan oleh tenaga endogen dengan arah horizontal dan vertikal.b.Vulkanisme yaitu gerakan magma dari dalam bumi.c.Gempa bumi yaitu getaran kulit bumi yang disebabkan kekuatan dari dalam bumi.2.Tenaga eksogen merupakan tenaga yang beradal dari luar bumi yang memiliki sifat merusak.

Tenaga eksogen meliputi yaitu sebagai berikut: a.Pelapukan yaitu peristiwa penghancuran massan batuan, secara fisika, kimiawi, maupun biologis.b.Erosi yaitu suatu proses pelepasan dan pemindahan massa batuan secara alami dari suatu tempat ke tempat lain oleh suatu zat pengangkut yang bergerak di muka bumi.c.Sedimentasi yaitu terbawanya material hasil dari pengikisan dan pelapukan yang disebabkan oleh angin, air, atau gletser ke suatu wilayah yang kemudian diendapkan.

Apa pengaruh tenaga eksogen bagi kehidupan kita?

Dampak Positif Tenaga Eksogen –

  1. Aktivitas pelapukan dapat menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik, yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata yang dapat dijadikan sumber penghasilan oleh masyarakat sekitar.
  2. Memunculkan habitat. Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sehingga memungkinkan tumbuh- tumbuhan hidup di atas tanah tersebut. Dengan adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan di atas tanah, telah menyebabkan adanya kehidupan hewan dan manusia.
  3. Proses sedimentasi bisa menghasilkan daratan baru yang subur.

Apa pengaruh tenaga eksogen terhadap permukaan bumi?

Halo Rani, kakak bantu jawab ya. Untuk jawaban soal di atas adalah D. Berikut adalah penjelasannya. Tenaga bumi dibagi menjadi dua, yaitu endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi dan bersifat membangun (konstruktif).

Tenaga endogen berpengaruh terhadap pembentukan relief permukaan bumi, seperti terbentuknya pulau, kontinen, lipatan pegunungan, dan patahan. Tenaga eksogen merupakan tenaga yang dipengaruhi dari luar bumi, seperti air, angin, es, dan lain sebagainya yang bersifat merusak (destruktif). Tenaga eksogen berpengaruh terhadap kerusakan bentuk permukaan bumi, misalnya kerusakan topografi permukaan bumi.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah D. Semoga membantu ya! –

Mengapa air menyebabkan perubahan muka bumi akibat tenaga eksogen jelaskan disertai alasan?

Hallo Syakila, kakak bantu jawab ya 🙂 Jawabannya karena air dapat mengikis tepi atau bagian dasar sungai sehingga menyebabkan bentuk sungai berkelok-kelok dan membentuk meander sedangkan pengikisan di dasar sungai dapat menyebabkan sungai bertambah dalam.

Berikut adalah penjelasannya. Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi seperti pelapukan, pengendapan, dan pengikisan. Air dapat mengikis tepi atau bagian dasar sungai sehingga menyebabkan bentuk sungai berkelok-kelok dan membentuk meander sedangkan pengikisan di dasar sungai dapat menyebabkan sungai bertambah dalam.

Selain itu, air membawa material hasil erosi sehingga menyebabkan material-material tersebut terendapkan dan membentuk sebuah dataran. Jadi, jawabannya karena air dapat mengikis tepi atau bagian dasar sungai sehingga menyebabkan bentuk sungai berkelok-kelok dan membentuk meander sedangkan pengikisan di dasar sungai dapat menyebabkan sungai bertambah dalam.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen dan endogen beserta contohnya?

Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

  1. Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor.
  2. Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan.
  3. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen.
  4. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen Kemudian sebut dan jelaskan contohnya?

jelaskan pengertian tenaga eksogen dan sebutkan yang termasuk tenaga eksogen Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Contoh : Pengikisan karang pantai oleh air laut.Tenaga eksogen secara umum berasal dari 3 sumber, – Perubahan suhu dan angin.- Air – Makhluk hidup TENAGA EKSOGEN Adalah tenaga yang bersifat dari luar bumi dan sifatnya merusak.contoh : pelapukan, erosi, pengangkutan, : jelaskan pengertian tenaga eksogen dan sebutkan yang termasuk tenaga eksogen