Mengapa Panel Surya Dapat Digunakan Untuk Membangkitkan Energi Listrik?

Mengapa Panel Surya Dapat Digunakan Untuk Membangkitkan Energi Listrik
Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

  1. Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.
  2. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

  • Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif.
  • Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

Mengapa panel surya dapat di gunakan untuk membangkitkan energi listrik?

Mengapa Panel Surya Dapat Digunakan Untuk Membangkitkan Energi Listrik Pixabay Panel surya memiliki peran penting pada pembangkit listrik tenaga matahari Bobo.id – Setiap hari, berbagai aktivitas yang kita lakukan banyak menggunakan listrik. Misalnya saat menonton televisi, menggunakan lampu, mengisi baterai smartphone, atau kegiatan lainnya.

Listrik yang kita gunakan setiap hari didapatkan dari minyak bumi yang berasal dari fosil hewan, teman-teman. Sayangnya, kalau minyak bumi terus digunakan, maka nantinya lama kelamaan akan habis. Baca Juga: Apa Saja Manfaat Siklus Air bagi Kehidupan Manusia di Bumi? Ketahui Siklus Air, yuk! Nah, inilah sebabnya saat ini sudah banyak ada energi terbarukan yang digunakan untuk menggantikan penggunaan minyak bumi.

Salah satunya adalah penggunaan energi matahatlri sebagai sumber listrik. Bahkan saat ini sudah ada pembangkit listrik tenaga matahari, lo. PLT matahari ini mendapatkan daya dari sinar matahari. Agar listrik dari sinar matahari bisa menyala, maka diperlukan panel surya.

  • Cari tahu, yuk, mengapa panel surya penting untuk pembangkit listrik tenaga matahari! Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Menggunakan Panel Surya Sesuai dengan namanya, pembangkit listrik tenaga matahari akan mengubah sinar matahari yang sudah didapatkan menjadi listrik.
  • Nah, dalam proses ini, maka penyerapan sinar matahari sangatlah penting.

Untuk menyerap sinar matahari, diperlukan bantuan alat berupa panel surya atau panel matahari. Panel matahari akan menyerap panas matahari untuk diubah menjadi listrik. Baca Juga: Rangkuman dan Soal Materi X-Sains: Siklus Air, Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Panel surya terbuat dari semi konduktor yang terbuat dari silika, yaitu elemen utama yang ada pada pasir.

You might be interested:  What Energy Transformation Occurs In A Solar Panel?

Panel surya ini nantinya akan bisa melepaskan elektron, yaitu partikel berkekuatan negatif yang bisa membentuk listrik. Hal inilah yang membuat sinar matahari dapat diubah menjadi listrik. Baca Juga: Wow! Bahan yang Baru Ditemukan Ini Lebih Keras daripada Berlian Panel Surya Sangat Penting untuk Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Dalam pembangkit listrik tenaga matahari, panel surya menjadi alat yang penting, teman-teman.

Alasannya tentu saja karena panel surya akan menyerap energi matahari yang nantinya diubah menjadi listrik. Kemampuan panel listrik untuk menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik ini ditentukan oleh besarnya panel surya yang dipasang. Potensi listrik yang bisa dihasilkan oleh matahari adalah 1.370 Watt per meter persegi, teman-teman.

  • Nah, nantinya diperlukan penghitungan berapa jumlah panel surya yng perlu dipasang untuk memenuhi kebutuhan listrik di suatu bangunan.
  • Inilah sebabnya, perencanaan penghitungan adalah hal yang penting dalam pemasangan panel surya.
  • Baca Juga: Fatamorgana Sering Terlihat di Siang Hari yang Panas, Bagaimana Fatamorgana Terjadi? Tenaga Surya Bisa Disimpan dalam Baterai Untuk bisa menghasilkan listrik, maka pembangkit listrik tenaga matahari tentu membutuhkan sinar matahari untuk diubah menjadi listrik.

Namun apakah ini artinya kalau tidak ada sinar matahari, makapa panel surya tidak bisa menyediakan listrik? Jawabannya tetap bisa, kok, teman-teman. Asalkan panel surya dilengkapi dengan baterai penyimpanan. Baterai ini berfungsi untuk menyimpan tenaga matahari yang sudah diserap oleh panel surya saat matahari bersinar dengan terik.

  1. Baca Juga: Ternyata Data yang Dihapus di Komputer Tidak Benar-Benar Hilang, Ini yang Terjadi Nantinya, baterai akan menyuplai listrik ketika matahari sedang tidak bersinar, misalnya saat malam hati atau saat sedang mendung.
  2. Maka dari itu, panel surya menjadi benda yang penting pada pembangkit listrik tenaga matahari.

– Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa, dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Caranya melalui: www.gridstore.id Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bagaimana energi dapat dihasilkan dari panel surya?

Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga Energi telah menjadi kebutuhan vital masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupannya dan mendukung kegiatannya sehari-hari. Misal, untuk memasak makanannya, manusia membutuhkan energi panas atau untuk memenuhi kebutuhan air di perkotaan, masyarakat membutuhkan energi listrik untuk menyalakan dan menjalankan pompa air.

  1. Energi listrik yang umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia berasal dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar fosil.
  2. Elemahan penggunaan bahan bakar fosil adalah pembakarannya menghasilkan gas rumah kaca sehingga menambah konsentrasi gas rumah kaca di bumi penyebab peningkatan suhu bumi dan pemanasan global.

Bumi sudah semakin panas, sehingga manusia sudah harus memikirkan untuk beralih dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ke bahan bakar yang ramah lingkungan. Pemanfaatan tenaga panas matahari bisa dijadikan pilihan. Mengapa Panel Surya Dapat Digunakan Untuk Membangkitkan Energi Listrik Sumber : Koleksi Knowledge Center Perubahan Iklim Matahari adalah sumber energi yang berjumlah besar dan bersifat terus-menerus (tidak habis), khususnya energi elektro magnetik yang dipancarkan oleh matahari. Penggunaan tenaga surya tidak membutuhkan pembakaran sehingga tidak menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca.

  1. Pemanfaatan energi matahari dilakukan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.
  2. Pemanfaatan tenaga surya dilakukan dengan mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik.
  3. Dua tipe dasar tenaga matahari adalah sinar matahari dan photovoltaic, yaitu tenaga matahari.

Bahan dasar untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor. Umumnya bahan yang digunakan adalah bahan silikon. berwarna hitam. Bahan dasar silikon ini dibuat menjadi lempengan dan dipasangi tiang agar bisa diarahkan langsung pada matahari.

  • Silikon adalah bahan yang dapat merefleksikan matahari seperti kaca.
  • Cara kerja lempengan silikon kaca atau yang bidas disebut sebagai solar panel adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik.
  • Onsentrasi cahaya matahari akan menghasilkan panas.
  • Lalu, panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas.
You might be interested:  Sumber Tenaga Yang Tidak Menimbulkan Pencemaran Bagi Lingkungan Hidup Adalah?

Panasnya tekanan uap digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik. Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Rumah Tangga, Sumber: Pada awal penelitian pemanfaatan tenaga surya, solar panel biasanya digunakan untuk penggunaan energi dalam jumlah besar seperti industri.

  1. Tetapi, semakin hari masyarakat semakin sadar bahwa mereka tidak dapat mengandalkan energi yang berasal dari bahan bakar fosil.
  2. Hal ini yang mendasari ide solar panel dibuat dalam ukuran kecil untuk penggunaan rumah tangga.
  3. Saat ini sudah banyak penyedia solar panel untuk penggunaan skala rumah tangga.

Untuk penggunaan jangka panjang, penggunaan solar panel ini terhitung sangat murah. Dengan menggunakan solar panel, msayarakat dapat menghemat energi listrik. Sumber :

http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/Energi_matahari/ Hasil wawancara dengan CV Diartona dalam Pekan Nasional Perubahan Iklim, 4 Agustus 2017.

: Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga

Panel surya mengubah energi matahari menjadi energi listrik bagaimana kah cara panel surya menyimpan energinya?

Cara Kerja Panel Surya Secara Sederhana, Sehingga Menghasilkan Listrik Teknisi melakukan perawatan panel PLTS di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PT PLN menargetkan pengembangan lebih dari 1.000 megawatt PLTS atap yang terdiri dari inisiasi swasta dan PLN sendiri sesuai RUPTL dengan potensi tiga gigawatt untuk PLTS.

(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho) Liputan6.com, Jakarta Cara kerja perlu kamu kenali sebagai salah satu sumber energi alternatif. Panel surya ini menggunakan energi matahari agar bisa bekerja. Tenaga matahari merupakan energi yang tak terbatas yang dapat digunakan sebagai sumber, Sebagai salah satu energi terbarukan, tenaga surya dapat menggantikan bahan bakar konvensional.

Penggunaan panel surya sebagai pembangkit listrik tentunya dapat menghemat pengeluaran dan juga, Cara kerja panel surya secara sederhana adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan energi tersebut kapan pun diperlukan selama masih ada tampungan energi tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/9/2021) tentang cara kerja panel surya. Teknisi mengecek panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLTS atap ini bertujuan menghemat pemakaian listrik konvensional sekaligus menjadi energi cadangan saat listrik padam.

(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho) Sebelum mengenali cara kerja panel surya, kamu mesti memahami tentang sumber energi alternatif ini terlebih dahulu. Sumber energi dibutuhkan manusia untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Menurut KBBI, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika) atau daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Energi dibagi menjadi dua, yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Energi terbarukan juga biasa disebut dengan energi alternatif. Energi alternatif adalah semua energi yang bertujuan menggantikan bahan bakar konvensional. Sudah lama matahari digunakan sebagai sumber utama penghasil energi di bumi.

Umum dikenal dengan tenaga surya, macam energi ini digunakan manusia untuk menghasilkan listrik di samping tenaga-tenaga lainnya seperti air, angin, uap, juga nuklir. Berbeda dengan sumber alam seperti batu bara dan minyak yang diperkirakan dapat habis, tenaga matahari terbilang tidak bisa habis.

Hanya saja perlu biaya yang mahal untuk bisa membangun reaktornya. Faktor cuaca juga menjadi salah satu hambatannya. Energi dari panel surya dapat dijadikan sebagai energi alternatif untuk mengatasi kenaikan harga listrik konvensional dan juga non subsidi. Energi utamanya berasal dari energi matahari yang tentunya bisa kamu dapatkan secara gratis.

Apalagi, secara letak geografis, Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga sangat kaya akan sumber energi surya. Bahkan, Indonesia memiliki intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari di seluruh wilayah Indonesia. Jika kamu memaksimalkan penggunaan energi surya sebagai sumber energi alternatif bagi listrik untuk instansi, perindustrian sampai dengan rumah tangga, kamu dapat menghemat tagihan listrik.

  1. Petugas memeriksa panel surya (Solar Cell) di gedung ESDM, Jakarta, Rabu (2/3/2016).
  2. Manfaat pengunaan panel surya untuk industri dapat menghemat energi serta biaya ketika puncak beban listrik tinggi di siang hari.
  3. Liputan6.com/Gempur M Surya) Sebelum mengenal cara kerja panel surya, kamu perlu mengetahui apa itu sel surya terlebih dahulu.
You might be interested:  Apakah Yang Dimaksud Planet Luar Dalam Tata Surya?

Pasalnya dalam mengenal cara kerja panel surya, sel surya memiliki peran yang sangat penting. Seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, sel surya adalah perangkat elektronik yang menangkap sinar matahari dan mengubahnya langsung ke listrik. Sel surya biasanya digabungkan untuk membuat unit yang lebih besar disebut modul surya, yang kemudian digabungkan lagi menjadi unit lebih besar yang disebut panel surya.

  1. Jadi, panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari.
  2. Dikutip dari BUTTMKP, sel surya ini terdiri dari beberapa komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya (photo) menjadi listrik (voltaic).
  3. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, lapisan anti reflektif, dan strip konduktor metal.

Lapisan-lapisan inilah yang berjasa menghasilkan listrik agar bisa kamu nikmati di rumah. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan. Semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.

Jumlah sel surya untuk penggunaan industri tentu berbeda dari sel surya untuk rumah. Sel surya berbasis silikon adalah jenis yang paling sering yang dijumpai dalam penggunaan masal. Pekerja melakukan pengecekan panel surya di atas gedung di kawasan Jakarta, Senin (31/8/2020). Pemerintah tengah menyiapkan peraturan presiden terkait energi baru terbarukan dan konservasi energi agar target 23 persen bauran energi di Indonesia bisa tercapai pada 2045.

(Liputan6.com/Angga Yuniar) Sederhananya, panel surya merupakan alat yang terdiri dari sel surya yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya sering kali disebut sel fotovoltaik atau photovoltaic yang dapat diartikan sebagai “cahaya-listrik”.

Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Dari penjelasan sebelumnya tentang sel surya, dapat disimpulkan bahwa cara kerja panel surya berarti membahas proses yang terjadi di dalam sel surya.

Cara kerja panel surya sederhananya adalah ketika sel surya menyerap cahaya, maka terdapat pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan sebagai energi alat-alat elektronik.

  • Lebih detailnya, cara kerja panel surya ini dimulai dari energi matahari membawa foton yang bisa dipecah menjadi ion positif dan ion negatif.
  • Ion negatif ini akan bergerak menuju lapisan negatif yang ada di sel surya, dan begitu pula sebaliknya dengan ion positif.
  • Ion negatif akan bergerak menuju ion positif melewati beberapa lapisan.

Pergerakan inilah yang menciptakan arus listrik. Semakin banyak sel surya yang terpasang, semakin besar pula voltase maupun arus yang dihasilkan. Oleh karena itu pemasangan panel surya juga disusun berdasarkan kebutuhan listrik khususnya dalam rumah tangga.