Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia?

Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia
Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Mengapa untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan? Bobo.id – Teman-teman kelas 4 mempelajari mengenai Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pada tema 9, subtema 1.

  1. Di tema ini, salah satu materi yang dipelajari adalah mengenai kaitan antara listrik dan air.
  2. Air dapat menjadi alat pembangkit listrik dan menjadi alternatif energi terbarukan dari minyak bumi yang selama ini digunakan untuk energi listrik.
  3. Nah, untuk menjadikan air sebagai pembangkit listrik, ternyata perlu dibangun sebuah bendungan,

Hal ini menjadi soal yang ditanyakan, yaitu ‘mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan? Simak kunci jawabannya berikut ini! Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Perubahan Energi Apa yang Terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya? Air Menjadi Energi Alternatif untuk Pembangkit Listrik Untuk menghasilkan listrik yang digunakan sehari-hari, energi yang digunakan adalah minyak bumi.

  1. Namun jumlah minyak bumi semakin berkurang, sehingga perlu adanya sumber energi alternatif untuk menggantikan penggunaan minyak bumi.
  2. Air kemudian menjadi energi alternatif yang digunakan sebagai pembangkit listrik, atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
  3. Baca Juga: 5 Contoh Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Keseimbangan Lingkungan, Soal Kelas 4 Tema 9 Jumlah air yang melimpah menjadi alasan dibangunnya pembangkit listrik tenaga air.

Untuk membangun PLTA, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun sebuah bendungan. Hal ini menyebabkan terdapat banyak waduk atau bendungan di Indonesia, yang mendukung PLTA. Mengapa Diperlukan Bendungan untuk Menghasilkan Listrik? Namun mengapa diperlukan bendungan untuk menghasilkan listrik yang berasal dari PLTA, ya? Bendungan merupakan bangunan yang berupa urugan tanah, urugan batu, beton, maupun pasangan batu.

  1. Bangunan ini dibangun untuk menahan dan menampung air.
  2. Namun bendungan juga bisa digunakan untuk menampung limbah dari tambang, atau menahan lumpur, sehingga akan terbentuk waduk.
  3. Untuk menghasilkan listrik dari PLTA, maka pembangunan bendungan sangat penting, nih, teman-teman.
  4. Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Apa Perubahan Energi pada Kapal Otok-Otok? PLTA membutuhkan air dalam jumlah yang melimpah untuk menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam menghasilkan listrik, PLTA mengandalkan energi potensial dan kinetik yang berasal dari air yang berada di bendungan. Pada PLTA, bentuk utamanya adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang akan diputar untuk kemudian diubah menjadi energi listrik.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 Tema 9: Contoh Pemanfaatan Minyak Bumi dan Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui Dengan menggunakan air untuk menghasilkan listrik, maka arus listrik dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, penggunaan air dari bendungan untuk PLTA tidak akan menghabiskan air sebagai sumber daya utamanya.

– Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di www.gridstore.id Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Mengapa untuk menghasilkan listrik tenaga air perlu dibangun sebuah bendungan?

? –

Untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan karena bangunan ini memiliki turbin yang ketika diputar atau digerakkan oleh air dapat menghasilkan energi listrik.Adapun listrik yang dihasilkan melalui bendungan air dinamakan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).Dikutip dari buku Mengenal Bumi untuk Menjaga Kelestarian Bumi (2010) oleh Delik Iskandar, agar PLTA bisa digunakan untuk menghasilkan listrik, perlu dibangun sebuah bendungan.Sebab bendungan akan menampung air melalui reservoir (danau atau waduk untuk menyimpan air), yang kemudian dialirkan melalui pipa menuju turbin.

Sementara sisa air yang tidak melewati pipa akan dialihkan ke pintu bendungan. Dari situlah bendungan bisa menghasilkan listrik melalui turbin yang digerakkan oleh generator. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

You might be interested:  How Does A Solar Photovoltaic System Work?

Pembangkit listrik tenaga air di Indonesia memanfaatkan apa?

Engineering Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia Source: https://www.gamesaelectric.com/commissioning-of-calheta-iii-hydropower-plant-37-5-kw-in-madeira/ Air merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu penggunaan energi air yang sangat esensial adalah manfaatnya untuk menghasilkan energi listrik.

  1. Jumlahnya yang berlimpah menjadikan air sebagai salah satu sumber energi terbarukan.
  2. Di Indonesia sendiri, potensi energi yang dapat dimanfaatkan dari air adalah sebesar 45,379 MW dari total 75,091 MW energi yang terkandung.
  3. Pemanfaatan energi air untuk menghasilkan energi listrik dilakukan dengan menggunakan teknologi bernama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

PLTA memanfaatkan aliran air untuk dapat memutar turbin. Mekanisme kerja PLTA cukup sederhana, yaitu memanfaatkan energi potensial dan kinetik air untuk menghasilkan putaran pada turbin. Air dikumpulkan pada suatu area (reservoir) yang berada pada ketinggian tertentu.

Turbin yang menjadi komponen utama untuk menghasilkan energi listrik terletak di dalam bangunan powerhouse yang berada pada ketinggian yang lebih rendah dari reservoir. Saluran air (penstock) menghubungkan reservoir dengan powerhouse, Adanya perbedaan ketinggian antara reservoir dan powerhouse memungkinkan air mengalir di dalam saluran air dari reservoir menuju powerhouse,

Di dalam powerhouse, aliran air dari reservoir tadi memungkinkan turbin air yang telah terhubung ke generator untuk berputar, listrik pun dapat dihasilkan. Setidaknya terdapat tiga proses konversi energi pada PLTA. Proses konversi energi dimulai dari energi potensial (berhubungan dengan ketinggian) dari air pada reservoir yang berubah menjadi energi kinetik translasi (berhubungan dengan perpindahan) saat air bergerak menuju powerhouse dalam saluran air. Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia Gambar 1. Skema PLTA Sumber: Tennessee Valley Authority (https://www.eia.gov/energyexplained/hydropower/) Dari kacamata asuransi, risiko PLTA, baik saat dalam fase konstruksi maupun fase operasional, tergolong ke dalam risiko dengan exposure yang tinggi ( high risk ).

  • Mengingat PLTA membutuhkan adanya perbedaan ketinggian antara reservoir dan powerhouse, daerah pegunungan menjadi tempat yang sangat cocok untuk lokasi PLTA.
  • Seperti yang secara umum diketahui, daerah pegunungan merupakan daerah yang rawan akan kejadian alam seperti gempa bumi, tanah longsor serta banjir.

Akibatnya, penutupan asuransi pada PLTA memerlukan proses underwriting yang ketat untuk memastikan TC penutupan asuransi sesuai dengan besar exposure yang ditanggung oleh asuransi. Kelebihan dan kekurangan PLTA dirangkum pada tabel berikut.

Kelebihan Sumber energi terbarukan
Tidak ada emisi karbon
Biaya produksi listrik lebih rendah
Kekurangan Biaya investasi awal tinggi
Lahan yang diperlukan cukup besar
Cukup jauh dari sumber beban

Tabel 1. Kekurangan dan kelebihan PLTA

Apa keuntungan dari penggunaan air sebagai sumber energi alternatif?

Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia wirestock/freepik Sumber energi alternatif dari aliran air. Bobo.id – Ada banyak sumber energi alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti pada materi kelas 3 SD tema 6 yang menjelaskan tentang air sebagai sumber energi alternatif.

  • Sumber energi alternatif merupakan sumber energi pengganti bahan bakar fosil yang selama ini banyak digunakan.
  • Jenis sumber energi alternatif merupakan sumber energi terbarukan sehingga tidak akan habis.
  • Beberapa sumber energi alternatif yaitu air, angin, matahari, panas bumi, biomassa dan lain sebagainya.

Kali ini akan dibahas tentang sumber energi alternatif yaitu air yang bisa menghasilkan energi listrik. Pemanfaatan energi air itu disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. PLTA dibuat dalam sekala besar sehingga bisa menghasilkan listrik dalam jumlah banyak.

Berikut akan dijelaskan cara kerja PLTA sehingga bisa menghasilkan energi listrik. Baca Juga: Mengenal Kosakata tentang Energi Alternatif dan Artinya, Materi Kelas 3 SD Tema 6 Cara Kerja PLTA Energi air dimanfaatkan dengan bantuan kincir air pada air terjun atau aliran sungai. Aliran air akan menjadi energi mekanik dengan bantuan turbin air.

Dari gerakan turbin air tersebut akan menghasilkan energi listrik dengan adanya bantuan generator. Setelah itu energi listrik akan dialirkan melalui rumah penduduk. Untuk mengalirkan listrik, akan digunakan jaringan-jaringan berupa kabel-kabel besar. Pemanfaatan aliran air ini bisa dilakukan di beberapa tempat seperti sungai atau air terjun.

Tapi ada juga yang membuat bendungan dan mengalirkan air dalam bendungan hingga bisa menghasilkan energi listrik. Dengan menggunakan jalur transmisi generator akan disalurkan ke rumah penduduk atau tempat yang membutuhkan aliran listrik. Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 6, Apa Kesulitan dari Penggunaan Angin Sebagai Sumber Energi Alternatif? Walau sumber energi air adalah jenis sumber energi alternatif yang terbarukan, tapi ada beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan Kekurangan Sumber Energi Alternatif dari Air Sebagai sumber energi alternatif terbarukan, kelebihan yang dimiliki tentu tidak akan habis. Selain itu, sumber energi ini juga ramah lingkungan dengan tidak menimbulkan polusi. Dengan adanya sumber energi alternatif, akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Namun kekurangan dari sumber energi ini adalah biaya instalasi yang cukup mahal. Selain itu ketersediaan sumber energi ini bergantung pada kondisi alam. Sehingga ketersediaan sumber energi ini akan berubah-ubah sesuai dengan keadaan alam sekitar. Hasil listrik dari PLTA pun menjadi tidak bisa sama setiap saatnya.

Nah, itu tadi cara memanfaatkan sumber energi air yang termasuk sumber energi alternatif.

You might be interested:  Yang Termasuk Dalam Tenaga Kerja Terlatih Dibawah Ini?
Kuis!
Sebutkan sumber-sumber energi alternatif!
Petunjuk: Cek di halaman 1!

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan brainly?

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air – Mengapa Pembangkit Listrik Tenaga Air Dibangun Di Indonesia Perbesar Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Air Foto: Shutterstock

Aliran sungai dengan jumlah debit air yang besar ditampung terlabih dahulu dalam bendungan. Air tersebut kemudian dialirkan melalui sebuah pipa yang disebut dengan penstock, Air yang memiliki tekanan dan kecepatan tinggi (energi kinetik) diubah menjadi energi mekanik dan akan mendorong runner yang terpasang pada turbin. Gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Turbin kemudian mengubah energi kinetik dari gaya jatuh air menjadi energi mekanik. Generator yang dihubungkan dengan turbin ikut berputar ketika baling-baling turbin berputar dan mengubah energi mekanik dari turbin menjadi energi listrik.

Apa hubungan pembangkit listrik tenaga air dan globalisasi di Indonesia?

apa hubungannya PLTA dan globalisasi di Indonesia?​ Jawaban: Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA termasuk salah satu bukti terjadinya globalisasi di Indonesia. Pada zamana dahulu,penerangan masih menggunakan bahan bakar berupa minyak tanah. Akan tetapi,di era globalisasi ini,masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan listrik untuk menyalakan lampu.

masa zamana kayak yang atas Tidak membatu sama sekali

Jawaban: Jawaban: Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA termasuk salah satu bukti terjadinya globalisasi di Indonesia. Pada zamana dahulu,penerangan masih menggunakan bahan bakar berupa minyak tanah. Akan tetapi,di era globalisasi ini,masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan listrik untuk menyalakan lampu. Salah satu sumber energi listrik adalah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). maaf kalo salah)

: apa hubungannya PLTA dan globalisasi di Indonesia?​

Apa kelebihan pembangkit listrik tenaga air dibandingkan dengan tenaga listrik lainnya?

Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Air – PLTA memiliki keunggulan-keunggulan lain jika dibandingkan pembangkit listrik yang lainnya. Berikut ini adalah kelebihan PLTA, yaitu:

  • PLTA lebih cepat dalam merespon beban kebutuhan listrik. Pembangkit ini cocok digunakan pada tipe peak, yakni untuk kondisi beban puncak yang besar dan sebagai cadangan ketika terjadi gangguan jaringan.
  • Pembangkit listrik menggunakan tenaga air merupakan, bebas emisi karbon sehingga tidak menyebabkan polusi serta efek rumah kaca. Gas emisi yang dihasilkan oleh PLTA lebih kecil jika dibanding sumber pembangkit lain. Menurut laporan dari hydropower.org mengenai status tenaga air tahun 2018, dinyatakan jika emisi gas rumah kaca rata-rata adalah 18,5 gCO 2 -eq/kWH dan listrik dari tenaga air dianggap menjadi yang paling bersih.
  • Pembangkit listrik tenaga air menghasilkan kapasitas listrik yang lebih besar jika dibanding pembangkit lainnya. Tentunya kelebihan ini sangat bermanfaat untuk memasok kebutuhan listrik negara kita.
  • Masa pakai PLTA sangat panjang, yaitu dapat menghasilkan listrik selama 50 hingga 100 tahun.
  • PLTA berupa waduk atau bendungan dapat menjadil lokasi wisata air. Selain itu, juga dapat menjadi sarana pembelajaran mengenai potensi tenaga air serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.
  • Air waduk atau bendungan yang tertampung juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan harian masyarakat, irigasi sawah, serta cadangan air ketika musim kemarau.

Bagaimana hubungan usaha dan energi dalam proses yang berlangsung di PLTA sehingga dapat menghasilkan energi listrik?

Halo Adik, jawaban yang benar adalah usaha sebanding dengan perubahan energi potensial dan kinetik air terjun. Usaha adalah gaya yang dilakukan untuk memindahkan benda sejauh perpindahannya. Usaha terjadi ketika energi dipindahkan dari suatu sistem ke sistem yang lainnya.

Persamaan matematis hubungan antara usaha dan energi yaitu: W = ΔEp dan W = ΔEk dimana: W = usaha (J) ΔEp = perubahan energi potensial (J) ΔEk = perubahan energi kinetik (J) PLTA memanfaatkan aliran air untuk dapat memutar turbin. Mekanisme kerja PLTA cukup sederhana, yaitu memanfaatkan perubahan energi potensial dan kinetik air untuk menghasilkan putaran pada turbin kemudian dapat menghasilkan energi listrik.

Jadi, hubungan usaha dan energi dalam proses yang berlangsung di PLTA sehingga dapat menghasilkan energi listrik adalah usaha sebanding dengan perubahan energi potensial dan kinetik air terjun.

You might be interested:  Apa Peranan Baterai Pada Sistem Pengisian?

Mengapa semakin kencang aliran air energi listrik yang dihasilkan semakin besar?

adjar.id – Air memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya sebagai pembangkit listrik, O iya, listrik menjadi salah satu sumber energi yang banyak digunakan, lo. Hampir semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan listrik. Contohnya ketika kita menyalakan lampu, menggunakan mesin cuci, menonton televisi, dan mengisi daya handphone.

Lalu, bagaimana cara listrik dihasilkan? Pada buku tematik kelas 4, tema 9, subtema 1, halaman 3, terdapat teks yang menjelaskan bagaimana listrik dapat dihasilkan. Teks tersebut berjudul “Air dan Listrik”. Nah, setelah membaca teks tersebut kita diminta untuk menjawab beberapa soal. Kita simak isi teks “Air dan Listrik” dan pembahasan soalnya berikut ini, yuk! Baca Juga: Fungsi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Lokasinya di Indonesia Air dan Listrik Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaatan air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang ada di bumi.

Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak. Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu. Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat.

Baca Juga: Jawab Soal Percakapan Hasil Kunjungan ke Waduk Jati Luhur, Kelas 3 Tema 6 Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan.

  • Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air.
  • Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.
  • Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah.
  • Air menyimpan energi yang cukup besar.

Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Baca Juga: Contoh Teks Deskripsi Bahasa Indonesia ‘Wisata Waduk Cengklik’ Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Nah, itulah teks bacaan “Air dan Listrik”, Adjarian. Sekarang kita simak pertanyaan berdasarkan teks tersebut dan pembahasannya, yuk! Jawablah Pertanyaan Bedasarkan Bacaan! 1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu? Jawab: Air menjadi energi alternatif yang digunakan sebagai pembangkit listrik.

Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Air dalam waduk atau bendungan berfungsi untuk menggerakkan turbin yang nantinya akan membangkitkan listrik. Air tersebut nantinya akan menggerakkan kincir yang dibangun dekat sungai.

  1. Baca Juga: Jawab Soal Peta Pikiran Teks ‘Lingkungan’, Kelas 4 Tema 9 Kemudian kincir tersebut akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik.2.
  2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan? Jawab: Bendungan atau waduk merupakan bangunan yang berupa urukan tanah, urukan batu, beton, atau pasangan batu.

Bendungan ini dibangun untuk menahan dan menampung air dalam jumlah yang besar dari aliran sungai. Selain itu, bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Untuk menghasilkan listrik dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), maka pembangunan bendungan sangat penting.

Mengapa PLTA membutuhkan perairan yang berarus apa yang akan terjadi?

Mengapa PLTA membutuhkan perairan yang berarus? Apa yang akan terjadi jika PLTA dibangun di tempat Soal :Mengapa PLTA membutuhkan perairan yang berarus ?Apa yang akan terjadi jika PLTA dibangun di tempat yang tenang ?Jawaban :PLTA membutuhkan perairan yang berarus agar turbin yang ia miliki dapat berputar dengan kencang. Apabila turbin berputar kencang, maka listrik yang dihasilkan pun akan besar. : Mengapa PLTA membutuhkan perairan yang berarus? Apa yang akan terjadi jika PLTA dibangun di tempat