Nutrisi Yang Berguna Sebagai Sumber Tenaga Adalah?

Nutrisi Yang Berguna Sebagai Sumber Tenaga Adalah
Karbohidrat – Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Semua jenis karbohidrat berasal dari tumbuhan dan dihasilkan melalui proses fotosintesa. Sumber utama karbohidrat antara lain serealia (terdiri dari padi, gandum, dan jagung) serta olahannya (roti, tepung, mie, bihun, dsb), umbi-umbian, dan produk olahan seperti gula, selai, dan sirup.

Apakah zat nutrisi yang menjadi sumber energi utama?

Karbohidrat Adalah Jenis Zat Gizi Sumber Energi Utama pada Tubuh, Ini Selengkapnya | merdeka.com ilustrasi karbohidrat. ©www.dfitpt.com Merdeka.com – zat gizi sumber energi yang penting bagi makhluk hidup. Hal ini karena molekulnya menyediakan unsur karbon yang siap digunakan sel. Karbohidrat adalah salah satu atau beberapa senyawa kimia termasuk gula pati dan serat yang mengandung atom C, H dan O dengan rumus kimia Cn(H2O)n.

Arbohidrat adalah senyawa sumber energi utama bagi tubuh. Kira-kira 80% kalori yang didapat tubuh berasal dari karbohidrat. Senyawa karbohidrat menyumbang 70–80% sumber energi untuk aktivitas manusia. Konsumsi rata-rata karbohidrat dalam makanan sekitar 65% dan energi yang dihasilkan dari metabolisme selular karbohidrat tersebut akan digunakan untuk metabolisme biomolekul lainnya seperti protein, lemak dan asam nukleat, mengutip Modul Karbohidrat dari chemistry.uii.ac.id.

Secara umum, karbohidrat adalah senyawa polihidroksialdehid atau polihidroksiketon dan derivatnya dalam bentuk unit tunggal yang sederhana maupun unit kompleks. Pada umumnya karbohidrat adalah zat padat berwarna putih, yang sukar larut dalam pelarut organik, tetapi larut dalam air (kecuali beberapa sakarida).

Sebagian besar karbohidrat dengan berat melekul yang rendah, manis rasanya. Karena itu, juga digunakan istilah gula untuk zat-zat yang tergolong karbohidrat. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu yang patut Anda ketahui.2 dari 4 halaman Karbohidrat adalah gula, pati, dan serat alami dalam makanan.

Semua karbohidrat terdiri dari molekul gula. Molekul gula yang saling terkait membentuk pati dan serat. Di dalam tubuh, pati dan gula diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi glukosa. Glukosa adalah bahan bakar yang memberikan energi dan tenaga untuk semua fungsi tubuh.

  1. Glukosa juga disebut gula darah.
  2. Serat makanan adalah salah satu bentuk karbohidrat yang tidak dipecah selama proses pencernaan.
  3. Ia melewati perut, usus kecil, usus besar dan kemudian keluar dari tubuh.
  4. Ilmuwan dan ahli diet dulu mengelompokkan karbohidrat menjadi dua jenis: karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks termasuk pati dan serat. Karbohidrat sederhana termasuk gula yang terdapat secara alami dalam buah-buahan, sayuran dan susu serta gula merah, gula putih, madu dan gula yang ditambahkan ke makanan selama pemrosesan. Saat ini, para ilmuwan dan ahli diet mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan kandungan serat dan bahannya.

Pentingnya karbohidrat bagi makhluk hidup sangat ditekankan. Penyimpanan energi dari sebagian besar hewan dan tumbuhan adalah karbohidrat dan lemak di alam; Karbohidrat umumnya tersedia sebagai sumber energi langsung, sedangkan lipid bertindak sebagai sumber energi jangka panjang dan cenderung digunakan pada tingkat yang lebih lambat.

Glukosa, gula biasa yang tidak digabungkan atau bebas, yang beredar dalam darah hewan tingkat tinggi, sangat penting untuk fungsi sel. Regulasi yang tepat dari metabolisme glukosa sangat penting untuk kelangsungan hidup.3 dari 4 halaman Terdapat tiga golongan karbohidrat yang utama, yaitu monosakarida, oligosakarida dan polisakharida.

Kata sakarida diturunkan dari bahasa Yunani yang berarti gula. Monosakarida atau gula sederhana, terdiri dari hanya satu unit polisakharida aldehida atau keton. D-glukosa adalah monosakarida yang paling banyak dijumpai di alam. Oligosakarida (bahasa Yunani oligos yang artinya sedikit ) terdiri dari rantai pendek unit monosakarida yang digabungkan bersama oleh ikatan kovalen.

Di antaranya yang paling dikenal adalah disakarida yang mempunyai dua unit monosakarida. Hal yang ang paling istimewa adalah sukrosa (gula tebu) yang terdiri gula D-glukosa dan D-fruktosa yang digabungkan oleh ikatan kovalen. Sementara polisakharida terdiri dari rantai panjang yang mempunyai ratusan atau ribuan unit monosakarida.

Beberapa polisakharida seperti selulosa, mempunyai rantai lenier, sedangkan yang lain seperti amilum (pati) dan glikogen mempunyai rantai yang bercabang.Polisakharida yang paling banyak dijumpai pada dunia tanaman yaitu pati dan selulosa.1. Monosakarida Monosakarida sering disebut gula sederhana (Simple Sugars) adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi.

Monosakarida tidak berwarna merupakan kristal padat, yang mudah larut dalam air, tetapi tidak larut dalam pelarut non polar. Kebanyakan monosakarida mempunyai rasa manis, dengan rumus emperis (CH2O) n, di mana n=3, atau jumlah yang lebih besar lainnya.2.

Ogliosakarida Oligosakharida umumnya didifinisikan sebagai suatu melekul karbohidrat yang mengandung 2 sampai 10 unit melekul monosakarida. Oligosakharida yang paling umum adalah disakharida (Cn (H2O)n-1), yang tersusun dari dua satuan melekul monosakharida, yang digabungkan oleh ikatan glikosida. Disakharida yang penting, yang banyak terdapat dialam adalah sukrosa, laktosa dan maltosa.3.

Polisakharida Polisakharida merupakan karbohidrat yang dijumpai di alam dalam jumlah yang paling besar. Polisakharida dapat berfungsi sebagai bentuk energi simpanan dan sebagai fungsi struktur di dalam dinding sel dan jaringan pengikat. Hidrolisis sempurna terhadap polisakharida oleh asam atau enzim spesifik, menghasilkan monosakharida atau turunannya.4 dari 4 halaman Karbohidrat baik dan buruk adalah istilah yang seringnya dipopulerkan oleh promotor diet.

You might be interested:  Yang Dikenal Sebagai Bintang Berekor Dalam Tata Surya Adalah?

Biasanya, karbohidrat yang baik berarti makanan yang mengandung jumlah serat yang tinggi. Karbohidrat yang baik membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah oleh tubuh dan digunakan sebagai energi. Mereka ditemukan di roti dan sereal gandum, produk yang terbuat dari tepung gandum, sayuran dan buah-buahan.

Sementara, karbohidrat buruk mengacu pada makanan yang mengandung karbohidrat olahan dengan jumlah serat yang rendah, terutama tepung putih dan gula. Ini ditemukan dalam makanan seperti roti putih, kue, kue kering, dan roti lainnya yang dibuat dengan tepung putih; nasi putih (olahan) dan beberapa sereal.

  • Membagi karbohidrat menjadi karbohidrat baik dan karbohidrat buruk adalah cara mudah untuk memikirkan asupan nutrisi yang baik.
  • Tetapi, istilah ilmiah ini tidak tepat.
  • Saat memikirkan tentang makan makanan sehat, makanlah biji-bijian utuh yang merupakan makanan berserat tinggi daripada makanan kaya berserat rendah.

: Karbohidrat Adalah Jenis Zat Gizi Sumber Energi Utama pada Tubuh, Ini Selengkapnya | merdeka.com

Apa nutrisi yang dibutuhkan manusia sebagai sumber energi?

7 Nutrisi Penting Yang Diperlukan Tubuh Setiap Hari | Nakedpress Tubuh kita memerlukan 7 jenis nutrisi setiap hari supaya tidak gampang sakit. Yuk, pelajari apa akibatnya jika kamu kekurangan atau kelebihan 7 nutrisi tersebut! Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Tubuh mengubah gula sederhana dan pati kompleks menjadi glukosa untuk dijadikan sumber energi sel tubuh.

  • Kelebihan karbohidrat akan menaikkan berat badan karena disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.
  • Bagaimana caranya agar tidak kelebihan karbohidrat?
  • Ganti konsumsi nasi putih, kue, dan roti putih menjadi gandum/oatmeal, sorghum, quinoa, wortel, beet, dan kacang-kacangan yang berserat tinggi dan penuh vitamin mineral.
  • Sumber karbohidrat berserat tinggi membuat kamu lebih kenyang dan penuh nutrisi.
  • Berapa banyak karbohidrat yang diperlukan tubuh?
  • Disarankan, 40% kalori kita bersumber dari karbohidrat.
  • Biasanya, perempuan Indonesia dengan berat badan dan kegiatan normal hanya membutuhkan 1,500 kal/hari, dengan acuan 40% kita membutuhkan 600 kalori/hari dari karbohidrat, setara dengan 3 porsi nasi putih/hari.
  • Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel,
  • Tubuh kita memecah protein menjadi berbagai macam asam amino kemudian diserap oleh sel-sel tubuh untuk kebutuhan metabolisme dan pertumbuhannya.
  • Berapa banyak protein yang dibutuhkan setiap hari?

Tubuh membutuhkan 0.8gr protein dari setiap 1kg berat tubuh, Jadi protein yang dibutuhkan laki-laki sekitar 44g setiap hari, dan 36g untuk perempuan. Sebagai acuan, 36-44 gram protein setara dengan 1-2 dada ayam, Apa yang terjadi jika kelebihan protein? Banyak sekali kasus di mana kita sering kali mengkonsumsi protein lebih.

  • Akibat paling sering adalah asam urat, kolesterol meningkat, berat badan naik, gangguan fungsi ginjal dan meningkatkan resiko kanker,
  • Untuk mencegah kelebihan protein, cukup pastikan dalam 1 porsi makanan kita hanya terdapat 1-2 Jenis sumber protein seperti ayam, ikan atau ganti dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, dan sayur hijau.

Lemak adalah sumber energi kaya yang membantu penyerapan Vitamin A, D, E, dan K dan pembetukan hormon di dalam tubuh. Sumber lemak terbaik adalah alpukat, kacang-kacangan, sayur hijau, dan buah-buahan. Apa yang terjadi jika kelebihan lemak?

  • Meningkatkan resiko kanker
  • Obesitas
  • Sembelit
  • Kerusakan dinding arteri dan otak
  • Kolesterol tinggi
  1. Berapa banyak lemak yang dibutuhkan tubuh?
  2. Rata-rata orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 30% lemak, 30% protein, dan 40% karbohidrat,
  3. Lemak yang dikonsumsi sebaiknya mengandung omega 3 dan minyak nabati.
  4. Dengan acuan 1,500 kalori per hari, 30% lemak setara dengan 450 kalori atau 3 sendok olive oil atau 6 sendok makan selai kacang dalam sehari,
  5. Vitamin sangat penting untuk metabolisme tubuh dan merawat sel tubuh.
  6. Setiap sel dalam tubuh membutuhkan Vitamin untuk banyak proses didalamnya dan kita paling sering kekurangan vitamin karena pemilihan dan cara pengolahan makanan modern.
  7. Vitamin C & B kompleks sangatlah rentan terhadap suhu sehingga seringkali rusak ketika dimasak dalam suhu tinggi.
  8. Terlebih lagi, Vitamin C & B kompleks harus dikonsumsi setiap hari karena kelebihannya tidak dapat disimpan dalam tubuh dan selalu dikeluarkan melalui urin.
  9. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan penyakit mata, anemia, hipertensi, penyakit ginjal, penuaan dini, eczema, kanker, batuk pilek, osteoporosis, dan sakit ketika haid/menstruasi.
  10. Vitamin dapat banyak ditemukan dalam buah dan sayur seperti kacang-kacangan, bayam, apel, tomat, sunflower seed, alpukat, kale, sunflower seeds, buah bit, lemon dan jeruk.
  11. Mineral juga sangat penting untuk pertumbuhan dan proses metabolisme dalam sel tubuh kita, mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah membutuhkan Mineral dalam kesehariannya.
  12. Mineral juga meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi,
  13. Apa yang terjadi jika kita kekurangan mineral?
  14. Kekurangan mineral dapat menyebabkan banyak proses metabolisme tubuh terganggu dan timbul masalah kesehatan seperti osteoporosis, anemia, mudah lelah, kulit kering, rambut rontok hingga masalah keseimbangan hormonal,
  15. Berapa banyak mineral yang dibutuhkan tubuh per hari?
  16. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, mineral dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu mineral mayor dan minor.
You might be interested:  Sebutkan Benda-Benda Langit Yang Ada Dalam Sistem Tata Surya?

Mineral mayor umumnya merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah 100 mg per hari atau lebih. Mineral mayor meliputi kalsium, kalium, fosfor, sulfur, dan magnesium.

  • Sedangkan Mineral minor atau sering disebut trace mineral merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh.
  • Beberapa mineral minor tersebut adalah zink, besi, mangan, tembaga, boron, silikon, molibdenum, vanadium, kromium, selenium, dan iodin.
  • Mineral banyak didapatkan dari tanaman yang tumbuh dalam tanah seperti jahe, kunyit, wortel, buah bit, kacang-kacangan, kacang mede, dan juga sayuran berwarna hijau gelap seperti kale.
  • Serat tumbuhan atau disebut juga dengan Serat Makanan ( dietary fiber) adalah bagian dari makanan yang tidak dipecah oleh tubuh dan membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan lebih baik.
  • Serat berguna untuk membantu penyerapan nutrisi di usus, menjaga aktifitas usus tetap optimal, mengendalikan imunitas dan keseimbangan bakteri usus dan melindungi sel-sel tubuh sehingga mencegah konstipasi, ambeien, penyakit hati dan kanker usus besar.
  • Bagaimana agar tidak kekurangan fiber?
  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti Bayam Horenzo, Kale, Parsley, Seledri, dan sayuran hijau lain,
  • Kamu juga bisa konsumsi jenis makanan tinggi karbohidrat dan protein yang juga mengandung tinggi serat seperti gandum, sorghum, edamame, dan tempe.

65% berat tubuh itu terbuat dari air. Kandungan air dalam tubuh berkurang lewat pencernaan, pernapasan, keringat, dan urin.

  1. Sangat penting untuk mengisi ulang kadar air dalam tubuh kita dengan minum air mineral atau makan sayur buah yang memiliki kandungan air tinggi seperti timun, semangka, dan jeruk.
  2. Apa yang terjadi kalau kita kurang minum air?
  3. Kekurangan air bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan pada banyak sel dan organ seperti otak, mata, darah, dan saluran pencernaan,
  4. Ciri-cirinya bisa terlihat dari daya konsentrasi yang lemah, moody, mata kering, darah kental, tekanan darah rendah, konstipasi, air kencing yang kuning, sakit batu ginjal, dan sakit ketika kencing.
  5. Berapa banyak air yang diperlukan tubuh?

Biasanya, kita dianjurkan untuk minum 8 gelas per hari (2-3 liter), Tapi berlebihan juga tidak sehat.

  • Cara sederhana lainnya untuk melihat kecukupan minum air kita adalah dengan menjaga warna BAK tetap kuning terang sepanjang hari,
  • Paket Detox berisi 8 botol jus yang dibuat dengan mempertimbangkan 7 nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ini,
  • Penuhi nutrisi dengan rutin Detox 1 hari setiap minggu supaya usus bisa lebih bersih dan hormon bisa lebih seimbang. Baca juga :

Apakah nutrisi merupakan sumber energi?

Detail jawaban –

  • Kelas: 7 SMP
  • Mapel: IPA
  • Bab: 6

Kode: 7.6.6 Kata Kunci: zat, nutrisi, energi : Zat nutrisi yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh kecuali

Apakah yang dimaksud nutrisi berikan contohnya?

Apa itu Nutrisi? – Nutrisi adalah sejumlah kandungan gizi atau zat yang umumnya diperoleh dari berbagai jenis bahan pangan dan makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serat, serta air. Seluruh nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga, membangun, serta memelihara sel dan jaringan tubuh manusia.

  1. Bisa dibilang, mencukupi kebutuhan nutrisi secara seimbang merupakan langkah utama untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.
  2. Lalu, apa dampaknya jika asupan gizi tidak terpenuhi atau justru berlebih? Well, kekurangan ataupun kelebihan nutrisi adalah hal yang patut Anda waspadai.
  3. Pasalnya, hal tersebut akan membuat Anda lebih berisiko mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

Kondisi ini juga dikenal dengan istilah malnutrisi. Maka dari itu, penting bagi Anda memastikan asupan nutrisi tercukupi secara seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Adapun sumber nutrisi terbaik yang diperlukan oleh tubuh banyak terdapat pada sayuran, buah, kacang-kacangan, hingga biji-bijan.

Apakah vitamin termasuk nutrisi?

Daftar Makanan Bergizi untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Ada beberapa jenis nutrisi yang diperlukan tubuh dan asupannya hanya bisa dari luar, yaitu makanan. Jika tubuh bisa memproduksinya sendiri, jumlahnya pun belum tentu mencukupi. Itulah mengapa penting mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi berupa protein, karbohidrat, lemak, dan lainnya.

Apa itu nutrisi dan manfaatnya?

Nutrisi | Diperbarui 4 August 2022 Artikel ini telah ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz | Nutrisionis Lihat Detail Apa itu nutrisi? Nutrisi merupakan sejumlah zat gizi yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia di alam. Nutrisi sangat penting untuk membangun sel-sel dan jaringan tubuh, mendukung fungsi organ tubuh, melindungi tubuh dari radikal bebas dan dari berbagai jenis penyakit.

  1. Jika berbicara mengenai apa itu nutrisi, maka perlu Ibu ketahui pula mengenai pentingnya zat gizi tersebut untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.
  2. Sebab, hingga saat ini masih banyak permasalahan seputar nutrisi yang dialami oleh anak-anak Indonesia.
  3. Sebelum memahami mengenai apa itu nutrisi, penting bagi Ibu untuk mengetahui tentang malnutrisi pada anak supaya bisa dicegah sedini mungkin.
You might be interested:  Akibat Negatif Dari Tenaga Eksogen Yang Terjadi Dibawah Sungai Adalah?

Dilansir dari laman resmi who.int, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa malnutrisi adalah kondisi ketika terjadinya ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh, entah itu kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi yang dialami seseorang. Kondisi kekurangan gizi ini meliputi stunting, berat badan kurang, dan sangat kurus.

Apa 3 fungsi nutrisi?

FUNGSI NUTRISI MAKANAN BAGI TUBUH MANUSIA?

  • Kata kunci :
  • nutrien
  • Pembahasan :
  • Nutrien merupakan suatu zat yang bermanfaat bagi proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang di dapat melalui makanan.
  • Adapun beberapa fungsi nutrien adalah :

1. Sebagai sumber atau penghasil energi, nutrien dapat menyediakan energi untuk berbagai aktivitas tubuh. nutrien yang berperan besar dalam menghasilkan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.2. Sebagai pembangun, nutrien berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

  1. Membentuk jaringan tubuh berarti nutrien berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan.
  2. Nutrien yg berperan dalam hal ini adalah protein.3.
  3. Sebagai pengatur proses-proses yang berlangsung di dalam tubuh, misalnya mengatur cara kerja hormon, mengatur pertumbuhan tulang, mempengaruhi cara kerja jantung, dan mengatur penghantaran impuls.4.

Sebagai pertahanan tubuh dari serangan berbagai kuman penyakit. nutrien yg berperan dalam hal proteksi tubuh adalah protein.

  1. =================================================================
  2. Kelas : XI
  3. Mapel : Biologi
  4. Bab : 6
  5. Kategori : Sistem pencernaan
  6. Sub kategori : Makanan dan zat makanan
  7. Kode soal : 4

Kode kategorisasi : 11.4.6 : FUNGSI NUTRISI MAKANAN BAGI TUBUH MANUSIA?

Nutrisi itu seperti apa?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan. Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal.

  1. Dahulu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan kebutuhan dasar (standar) nutrisi pada makhluk hidup.
  2. Angka kebutuhan nutrisi ( zat gizi ) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA).
  3. Seiring dengan perkembangan ilmiah di bidang medis dan biologi molekular, bukti-bukti medis menunjukkan bahwa RDA belum mencukupi untuk menjaga fungsi optimal tubuh dan mencegah atau membantu penanganan penyakit kronis.

Bukti-bukti medis menunjukkan bahwa akar dari banyak penyakit kronis adalah stres oksidatif yang disebabkan oleh berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh. Penggunaan nutrisi dalam level yang optimal, dikenal dengan Optimal Daily Allowance (ODA), terbukti dapat mencegah dan menangani stres oksidatif sehingga membantu pencegahan penyakit kronis.

Level optimal ini dapat dicapai bila jumlah dan komposisi nutrisi yang digunakan tepat. Dalam penanganan penyakit, penggunaan nutrisi sebagai pengobatan komplementer dapat membantu efektivitas dari pengobatan dan pada saat yang bersamaan mengatasi efek samping dari pengobatan. Karena itu, nutrisi / gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang optimal dan peningkatan kualitas hidup.

Hasil ukur bisa dilakukan dengan metode antropometri, Sedangkan ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan makanan dan minuman terhadap kesehatan tubuh manusia agar tidak mengalami penyakit gangguan gizi, di mana gangguan gizi sendiri adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya zat-zat vitamin tertentu sehingga mengakibatkan tubuh kita mengalami gangguan gizi.

Penyakit gangguan gizi yang pertama kali ditemukan adalah scorbut pada tahun 1497 atau lebih populer kita kenal dengan penyakit seriawan. Pada waktu itu Vasco da Gama dalam pelayarannya menuju Indonesia telah kehilangan lebih dari separuh anak buahnya yang meninggal akibat penyakit ini. Baru pada permulaan abad XX para ahli kedokteran dapat memastikan bahawa penyakit ini diakibatkan karena kekurangan vitamin C.

Pada saat ini kebanyakan penduduk Indonesia mengalami kelebihan nutrisi dan bukannya kekurangan nutrisi. Pada tahun 2007 angka kematian akibat penyakit non- infeksi mencapai 59,5 persen atau jelas sudah melebihi angka kematian akibat penyakit infeksi.

Zat apa yang menjadi sumber energi utama manusia Jelaskan dan berikan contoh?

Karbohidrat – Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia dan hewan. Semua jenis karbohidrat berasal dari tumbuhan dan dihasilkan melalui proses fotosintesa. Sumber utama karbohidrat antara lain serealia (terdiri dari padi, gandum, dan jagung) serta olahannya (roti, tepung, mie, bihun, dsb), umbi-umbian, dan produk olahan seperti gula, selai, dan sirup.