Panel Surya Adalah Contoh Energi Alternatif Yang Menyerap Energi Dari?

Panel Surya Adalah Contoh Energi Alternatif Yang Menyerap Energi Dari
Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

  1. Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif.
  2. Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

You might be interested:  When Voyager 1 Left Solar System?

Sumber energi apakah yang digunakan pada panel surya?

Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga Energi telah menjadi kebutuhan vital masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupannya dan mendukung kegiatannya sehari-hari. Misal, untuk memasak makanannya, manusia membutuhkan energi panas atau untuk memenuhi kebutuhan air di perkotaan, masyarakat membutuhkan energi listrik untuk menyalakan dan menjalankan pompa air.

Energi listrik yang umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia berasal dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Kelemahan penggunaan bahan bakar fosil adalah pembakarannya menghasilkan gas rumah kaca sehingga menambah konsentrasi gas rumah kaca di bumi penyebab peningkatan suhu bumi dan pemanasan global.

Bumi sudah semakin panas, sehingga manusia sudah harus memikirkan untuk beralih dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ke bahan bakar yang ramah lingkungan. Pemanfaatan tenaga panas matahari bisa dijadikan pilihan. Panel Surya Adalah Contoh Energi Alternatif Yang Menyerap Energi Dari Sumber : Koleksi Knowledge Center Perubahan Iklim Matahari adalah sumber energi yang berjumlah besar dan bersifat terus-menerus (tidak habis), khususnya energi elektro magnetik yang dipancarkan oleh matahari. Penggunaan tenaga surya tidak membutuhkan pembakaran sehingga tidak menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca.

Pemanfaatan energi matahari dilakukan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Pemanfaatan tenaga surya dilakukan dengan mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik. Dua tipe dasar tenaga matahari adalah sinar matahari dan photovoltaic, yaitu tenaga matahari.

Bahan dasar untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor. Umumnya bahan yang digunakan adalah bahan silikon. berwarna hitam. Bahan dasar silikon ini dibuat menjadi lempengan dan dipasangi tiang agar bisa diarahkan langsung pada matahari.

  1. Silikon adalah bahan yang dapat merefleksikan matahari seperti kaca.
  2. Cara kerja lempengan silikon kaca atau yang bidas disebut sebagai solar panel adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik.
  3. Onsentrasi cahaya matahari akan menghasilkan panas.
  4. Lalu, panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas.
You might be interested:  Batu Baterai Akumulator Merupakan Sumber Listrik Yang Menggunakan Energi?

Panasnya tekanan uap digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik. Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Rumah Tangga, Sumber: Pada awal penelitian pemanfaatan tenaga surya, solar panel biasanya digunakan untuk penggunaan energi dalam jumlah besar seperti industri.

Tetapi, semakin hari masyarakat semakin sadar bahwa mereka tidak dapat mengandalkan energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Hal ini yang mendasari ide solar panel dibuat dalam ukuran kecil untuk penggunaan rumah tangga. Saat ini sudah banyak penyedia solar panel untuk penggunaan skala rumah tangga.

Untuk penggunaan jangka panjang, penggunaan solar panel ini terhitung sangat murah. Dengan menggunakan solar panel, msayarakat dapat menghemat energi listrik. Sumber :

http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/Energi_matahari/ Hasil wawancara dengan CV Diartona dalam Pekan Nasional Perubahan Iklim, 4 Agustus 2017.

: Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga

Apa dan bagaimana sistem kerja panel surya?

Cara kerja panel surya – Dilansir dari Live Science, sederhananya, panel surya bekerja dengan memungkinkan foton atau partikel cahaya untuk menjatuhkan elektron bebas dari atom dan menghasilkan aliran listrik. Panel surya sebenarnya terdiri dari banyak unit yang lebih kecil yang disebut sel fotovoltaik.

  • Ini berarti panel surya mengubah sinar matahari menjadi listrik.
  • Baca juga: Lockdown Corona Bikin Panel Surya Bekerja Lebih Baik, Kok Bisa? Setiap sel fotovoltaik pada dasarnya terdiri dari dua potong bahan semi-konduktor.
  • Sel fotovoltaik biasanya terbuat dari silikon, bahan yang sama digunakan dalam mikroelektronika.

Untuk bekerja, sel fotovoltaik perlu membentuk medan listrik. Sama seperti medan magnet, yang terjadi karena kutub yang berlawanan, medan listrik terjadi ketika muatan yang berlawanan dipisahkan. Secara khusus, terdapat fosfor ke lapisan atas silikon, yang menambahkan elektron ekstra dengan muatan negatif ke lapisan itu.

Sementara itu, lapisan bawah mendapat dosis boron yang menghasilkan elektron lebih sedikit atau muatan positif. Baca juga: Panel Surya Juga Bisa Hasilkan Listrik di Malam Hari, Begini Caranya Ini semua menambahkan hingga medan listrik di persimpangan antara lapisan silikon. Kemudian, ketika foton sinar matahari membuat elektron bebas, medan listrik akan mendorong elektron keluar dari sambungan silikon.

Beberapa komponen lain dari sel mengubah elektron ini menjadi daya yang dapat digunakan. Pelat konduktif logam di sisi sel mengumpulkan elektron dan mentransfernya ke kabel. Pada titik itu, elektron dapat mengalir seperti sumber listrik lainnya. Para peneliti telah menghasilkan sel surya ultra tipis dan fleksibel yang hanya setebal 1,3 mikron dan 20 kali lebih ringan dari selembar kertas kantor.

Faktanya, sel-selnya sangat ringan, namun dapat menghasilkan energi dengan efisiensi yang hampir sama dengan sel surya berbasis kaca. Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Energi Secara Alami Agar Tidak Mudah Lesu Sel surya yang lebih ringan dan fleksibel seperti ini dapat diintegrasikan ke dalam arsitektur, teknologi kedirgantaraan, atau bahkan elektronik yang dapat dikenakan.

Ada jenis lain dari teknologi tenaga surya, termasuk panas matahari dan tenaga surya terkonsentrasi, yang beroperasi dengan cara yang berbeda dari panel surya fotovoltaik, tetapi semuanya memanfaatkan kekuatan sinar matahari untuk menghasilkan energi.

You might be interested:  Sebutkan Pengenaan Pajak Yang Berhubungan Dengan Biaya Tenaga Kerja?

Sumber daya hayati berupa kotoran sapi dapat di olah menjadi apa saja?

Kotoran Sapi Diubah jadi Sumber Energi Alternatif Penulis : Tidak mau bergantung pada energi listrik, ribuan kepala keluarga di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas. Selain sebagai pengganti energi listrik, biogas dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak.

  1. Banyaknya peternak sapi di Desa Krejengan, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, dimanfaatkan warga setempat untuk, mengubah kotoran sapi, menjadi sumber energi alternatif.
  2. Dengan pemanfaatan ini, warga tidak lagi bergantung pada energi listrik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Otoran sapi, dimanfaatkan menjadi biogas, sebagai pengganti energi listrik dengan proses yang sederhana.

Untuk menghasilkan biogas, warga membuat tabung sebagai penampung kotoran, ditambah tabung untuk menampung gas, yang disalurkan melalui pipa. semakin banyak kotoran yang diolah, semakin banyak pula biogas yang dihasilkan. Dengan bigoas, warga tak membutuhkan energi listrik untuk memanfaatkan lampu rumah, setrika, televisi, dan kebutuhan rumah tangga yang lain.