Panel Surya Merupakan Energi Alternatif Yang Berasal Dari?

Panel Surya Merupakan Energi Alternatif Yang Berasal Dari
Daftar Universitas di Indonesia yang Sudah Menggunakan Panel Surya SUN Energy – Institut Teknologi Sumatera atau ITERA telah mengawali langkah menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 1 Mega Watt Ground Mounted. Pemasangan panel surya ini ditujukan untuk laboratorium PLTS terbesar pertama universitas di Indonesia.

  • Hal ini menunjukkan langkah serius dari instansi pendidikan tinggi untuk mencetak ilmuwan di bidang energi terbarukan.
  • Selain ITERA yang memasang panel surya di atas lahan seluas 1 hektar, terdapat beberapa kampus lain yang mengajukan pemasangan panel surya kepada SUN Energy pada tahun 2020.
  • Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (UNDIP) juga telah memasang panel surya SUN Energy untuk kebutuhan listrik gedung perkuliahan.

Sementara itu, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang akan memasang panel surya sebesar 500 kWp pada tahun ini untuk kebutuhan gedung perkuliahan dan laboratorium, Pada akhir tahun 2021, PLTS di ITN Malang tersebut sudah bisa digunakan untuk kebutuhan listrik kampus.

  • Selain ITN, tahun 2021 juga menjadi tahun pemasangan PLTS bagi 15 universitas.
  • Diantaranya adalah Politeknik Madura, Bali, Surabaya, dan Samarinda yang total keseluruhannya sebesar 15 Mega Watt di atas lahan 15 hektar.
  • Sebagai wujud dukungan penggunaan PLTS di universitas, PT SUN Energy juga giat melakukan diskusi secara virtual dengan lembaga pendidikan di Indonesia setiap bulannya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penggunaan sumber energi alternatif dari sinar matahari. PT SUN Energy akan sangat mendukung lembaga pendidikan yang ada di Indonesia untuk melakukan pemasangan panel surya. Panel surya ini selain bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik juga bisa menjadi laboratorium PLTS di lingkungan pendidikan. Nonanomad bekerjasama dengan partner lain melalui program afiliasi. Yang berarti jika kamu booking melalui link di artikel ini, Nonanomad akan mendapat komisi tanpa kamu harus membayar lebih. Nah, dengan cara ini kami dapat terus menulis artikel tentang traveling.

You might be interested:  Mengapa Baterai Dikatakan Sebagai Listrik Dinamis?

Berasal dari energi apakah panel surya itu?

Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

  1. Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif.
  2. Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.
You might be interested:  How Much Is A Solar Panel Roof?

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

Sumber energi alternatif panel surya dihasilkan dengan apa?

Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga Energi telah menjadi kebutuhan vital masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupannya dan mendukung kegiatannya sehari-hari. Misal, untuk memasak makanannya, manusia membutuhkan energi panas atau untuk memenuhi kebutuhan air di perkotaan, masyarakat membutuhkan energi listrik untuk menyalakan dan menjalankan pompa air.

  • Energi listrik yang umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia berasal dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar fosil.
  • Elemahan penggunaan bahan bakar fosil adalah pembakarannya menghasilkan gas rumah kaca sehingga menambah konsentrasi gas rumah kaca di bumi penyebab peningkatan suhu bumi dan pemanasan global.

Bumi sudah semakin panas, sehingga manusia sudah harus memikirkan untuk beralih dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ke bahan bakar yang ramah lingkungan. Pemanfaatan tenaga panas matahari bisa dijadikan pilihan. Panel Surya Merupakan Energi Alternatif Yang Berasal Dari Sumber : Koleksi Knowledge Center Perubahan Iklim Matahari adalah sumber energi yang berjumlah besar dan bersifat terus-menerus (tidak habis), khususnya energi elektro magnetik yang dipancarkan oleh matahari. Penggunaan tenaga surya tidak membutuhkan pembakaran sehingga tidak menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca.

  1. Pemanfaatan energi matahari dilakukan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.
  2. Pemanfaatan tenaga surya dilakukan dengan mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik.
  3. Dua tipe dasar tenaga matahari adalah sinar matahari dan photovoltaic, yaitu tenaga matahari.
You might be interested:  How To Clean Solar Panels On Your Roof?

Bahan dasar untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor. Umumnya bahan yang digunakan adalah bahan silikon. berwarna hitam. Bahan dasar silikon ini dibuat menjadi lempengan dan dipasangi tiang agar bisa diarahkan langsung pada matahari.

  • Silikon adalah bahan yang dapat merefleksikan matahari seperti kaca.
  • Cara kerja lempengan silikon kaca atau yang bidas disebut sebagai solar panel adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik.
  • Onsentrasi cahaya matahari akan menghasilkan panas.
  • Lalu, panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas.

Panasnya tekanan uap digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik. Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Rumah Tangga, Sumber: Pada awal penelitian pemanfaatan tenaga surya, solar panel biasanya digunakan untuk penggunaan energi dalam jumlah besar seperti industri.

Tetapi, semakin hari masyarakat semakin sadar bahwa mereka tidak dapat mengandalkan energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Hal ini yang mendasari ide solar panel dibuat dalam ukuran kecil untuk penggunaan rumah tangga. Saat ini sudah banyak penyedia solar panel untuk penggunaan skala rumah tangga.

Untuk penggunaan jangka panjang, penggunaan solar panel ini terhitung sangat murah. Dengan menggunakan solar panel, msayarakat dapat menghemat energi listrik. Sumber :

http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/Energi_matahari/ Hasil wawancara dengan CV Diartona dalam Pekan Nasional Perubahan Iklim, 4 Agustus 2017.

: Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga