Planet Yang Memiliki Ukuran Terbesar Dalam Sistem Tata Surya Adalah?

Planet Yang Memiliki Ukuran Terbesar Dalam Sistem Tata Surya Adalah
Planet jupiter adalah planet yang terbesar dalam tata surya. Diameternya 13.000 km, dengan jarak rata-rata ke matahari 778,3 juta km. Saturnus merupakan planet yang mudah dibedakan dengan planet lainnya, karena planet ini mempunyai cincin.

Berapa ukuran planet terbesar?

Dilansir dari NASA, 24 Oktober 2003, planet dengan ukuran terbesar adalah Jupiter dan planet dengan ukuran terkecil adalah Merkurius. Baca juga: Mengapa Pluto Tidak Lagi Disebut sebagai Planet? Jupiter memiliki ukuran 11 kali lebih besar dari ukuran Bumi, sementara Merkurius hanya berukuran satu per tiga Bumi.

Apa planet yang terkecil kedua di Tata Surya?

Jagat raya ini luas sekali. Jika kita manusia hanya hidup di planet Bumi (baca: inti bumi ), kita perlu mengetahui bahwa di luar Bumi masih ada alam yag sangat luas. Hal ini perlu untuk menyadarkan kita betapa kuasanya Tuhan menciptakan alam semesta. Tata surya (baca: susunan tata surya ) terdri atas berbagai benda yang membentuk sebuah sistem yang amat teratur.

Tata surya kita dipimpin oleh bintang besar dan maha panas yang kita sebut sebagai matahari (baca: bagian-bagian matahari ). Di sekitar matahari kita akan menemukan berbagai benda langit yang mengitarinya. Salah satu benda langit yang penting adalah planet. Planet di tata surya ada delapan buah. Masing- masing planet mempunyai ukuran yang berbeda- beda dan garis lintas (orbit) masing- masing.

Berikut merupakan planet di tata surya dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

Merkurius

Planet di tata surya ada delapan buah dan masing- masing dari planet tersebut berjajar mengelilingi matahari dengan orbitnya masing- masing. Planet yang paling kecil diantara delapan planet adalah Merkurius. Selain menjadi planet yang paling kecil, planet ini juga merupakan planet yang paling dekat dengan matahari (baca: lapisan-lapisan matahari ).

  • Mempunyai diameter sekitar 4.879 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 57, 8 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 59 hari
  • Menghabiskan waktu sekitar 88 hari untuk satu kali berevolusi
  • Suhu ketika siang hari mencapa 217 derajat Celcius dan ketika malam hari mencapai -173 derajat Celcius.

Itulah informasi umum mengenai Planet Merkurius. Planet Merkurius juga merupakan sebuah planet yang tidak mempunyain lapisan udara (atmosfir) sebagai pelindung sehingga tidak terlalu banyak menyerap dan menahan sinar matahari. Satu hal yang wajar dimiliki oleh planet adalah adanya satelit alam yang mengelilingi planet. Namun hal ini tidak dimiliki oleh planet Merkurius,

You might be interested:  Bentuk Tenaga Kerja Yang Melalui Proses Pendidikan Sebelum Bekerja Yaitu?

Mars

Setelah Merkurius, planet yang terkecil kedua di tata surya adalah Planet Mars. Planet Mars juga disebut sebagai planet Merah. Mengapa demikian? Hal ini karena apabila kita melihat dari Bumi, maka planet Mars akan terlihat berwarna merah. Karena warna merah ini hanya ada satu, maka planet Mars ini mudah sekali untuk ditebak keberadaannya.

  • Mempunyai diameter sekitar 6.800 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 227 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 24, 6 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 687 hari untuk satu kali berevolusi

Itulah beberapa informasi umum mengenai planet Mars. Ada informasi unik mengenai Planet Mars. Baru- baru penelitian menemukan bahwa Planet Mars mempunyai kesamaan dengan Bumi. Salah satunya adalah keberadaan air (baca: jenis air ) di planet Mars. Dengan adanya air di Planet Mars ini maka kemungkinan di Mars juga bisa ditemukan kehidupan.

Venus

Setelah Mars, planet terkecil ketiga di tata surya adalah Venus, Venus juga merupakan planet terdekat kedua dengan matahari setelah Merkurius. Venus juga dikenal dengan nama bintang kejora. Hal ini karena apabila dilihat dari Bumi, planet Venus tampak sangat berkilau diantara bintang lainnya.

  • Mempunyai diameter sekitar 12.100 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 108 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi sangat panjang, yakni selama 243 hari
  • Menghabiskan waktu sekitar 225 hari untuk satu kali berevolusi

Selain beberapa informasi umum yang telah disampaikan, ada satu fakta unik mengenai planet Venus. Fakta tersebut adalah bahwa planet Venus merupakan planet yang terpanas di tata surya. Ya meski posisinya terdekat nomor dua dari matahari, ternyata planet Venus lebih panas daripada Merkurius.

  1. Hal ini karena Merkurius tidak mempunyai atmosfer untuk menyerap dan menahan sinar matahari, sementara planet Venus mempunyai atmosfer yang tebal sehingga mampu membuat suhu di permukaan Venus tetap panas.
  2. Sebenarnya atmosfer di planet Venus ini justru mempunyai masalah, cahaya matahari yang masuk ke Venus akan tertahan dan tidak dapat keluar (seperti kasus rumah kaca (baca: cara menaggulangi efek rumah kaca )).
You might be interested:  Bagaimana Proses Pembentukan Listrik Dari Tenaga Air?

Hal ini akan menyebabkan suhu di permukaan Venus sangat panas, hingga mencapai 426 derajat Celcius. Selain itu Venus juga merupakan planet yang paling lambat dalam berotasi, sehingga membuat permukaan Planet ini mendapatkan penyinaran paling lama.

Bumi

Planet terkecil keempat di tata surya adalah planet yang kita tempati, yakni Bumi (baca: kerak bumi ). Bumi merupakan planet yang sangat mendukung bagi kehidupan makhluk hidup. Hal ini karena Bumi mempunyai banyak cadangan air dan suhu udara di Bumi juga cocok untuk kehidupan. Beberapa informasi umum mengenai planet Bumi adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai diameter sekitar 12.700 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 149 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 23,9 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 365, 25 hari untuk satu kali berevolusi

Planet Bumi adalah planet yang sangat cocok untuk kehidupan. Selain karena karakteristiknya yang sangat mendukung, juga karena Bumi mempunyai sebuah lapisan udara yang disebut dengan atmosfer sebagai pelindung. Atmosfer ini akan memertahankan sinar matahari sehingga suhu di Bumi tetap hangat.

Neptunus

Planet terkecil selanjutnya adalah Neptunus. Neptunus selain menjadi planet terkecil kelima, juga merupakan planet yang paling jauh dari matahari. Neptunus memiliki warna kehijau- hijauan dan letaknya sangat jauh dari Bumi. Berikut merupakan informasi umum mengenai planet Neptunus:

  • Mempunyai diameter sekitar 50.000 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 4.497 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 15,8 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 164,8 tahun untuk satu kali berevolusi

Itulah beberapa informasi umum mengenai planet Neptunus. Karena letak planet Neptunus ini sangat jauh, maka tidak banyak informasi yang diketahui dari planet ini.

Uranus

Diatas planet Neptunus ada planet Uranus. Planet Uranus juga merupakan planet terjauh kedua dari matahari setelah planet Neptunus. Planet Uranus dan planet Neptunus bahkan disebutkan sebagai dua planet kembar karena kemiripannya. Berikut merupakan informasi mengenai planet Uranus:

  • Mempunyai diameter sekitar 51.000 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 2870 kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 17,2 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 84 tahun untuk satu kali berevolusi

Itulah beberapa informasi umum mengenai Planet Uranus. Planet Uranus mempunyai warna kebiru- biruan, sehingga planet Uranus disebut juga sebagai planet Biru. Planet Neptunus juga merupakan planet yang diselimuti banyak kabut tebal sehingga planet ini seperti sebuah misteri.

You might be interested:  Teori Yang Menjelaskan Bahwa Bumi Sebagai Pusat Tata Surya Disebut?

Saturnus

Planet terbesar kedua adalah planet Saturnus. Planet Saturnus merupakan satu- satunya planet yang unik, yakni planet yang mempunyai cincin. Cincin planet Saturnus ini terbuat dari partikel debu- debu dan juga es (baca: hujan es ). Karena keberadaan cincin yang mengelilingi, maka planet Saturnus ini terlihat indah dan terlihat berbeda dari planet- planet lainnya.

  • Mempunyai diameter sekitar 120.000 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 1427 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 10,2 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 29,5 tahun untuk satu kali berevolusi

Itulah informasi umum mengenai planet Saturnus. Saturnus ini merupakan planet yang tergolong dalam planet raksasa karena ukurannya yang sangat besar. Oleh karena letaknya yang jauh dari matahari maka suhu permukaan planet Saturnus ini juga sangat dingin.

Jupiter

Planet yang paling besar di tata surya adalah planet Jupiter. Oleh karena Jupiter merupakan planet yang paling besar di tata surya, maka ukurannya pun berkali- kali lipat dari ukuran Bumi. Jupiter mempunyai beberapa informasi umum sebagai berikut:

  • Mempunyai diameter sekitar 143.000 km
  • Jarak dari matahari adalah sekitar 778 juta kilometer
  • Mempunyai kala rotasi selama 9,8 jam
  • Menghabiskan waktu sekitar 11,9 tahun untuk satu kali berevolusi

Itulah beberapa informasi mengenai planet Jupiter. Planet Jupiter merupakan planet terbesar, dan karena ukurannya yang sangat besar maka gaya gravitasi yang ditimbulkan juga besar. Oleh karena itulah planet Jupiter menjadi penyelamat bagi planet- planet yang lainnya.

Pernah suatu ketika diketahui ada benda langit yang mengarah jatuh menabrak Bumi. Dan ketika melintas di dekat Jupiter, benda langit tersebut berganti arah akibat tertarik gravitasi Jupiter. Dan hal ini menyelamatkan Bumi. Selain itu Jupiter ini juga disebut sebagai planet gas. Hal ini karena sebagian besar kandungan Planet ini berisi oleh gas.

Itulah kedelapan planet yang menghiasi tata surya kita dan diurutkan dari ukuran yang terkecil hingga ukuran yang paling besar. Masing- masing planet tersebut mempunyai karakteristik berbeda- beda sehingga keistimewaannya berbeda- beda pula.