Satelit Yang Terbesar Di Tata Surya Adalah?

Satelit Yang Terbesar Di Tata Surya Adalah

Ganimede

Citra Ganimede yang diambil oleh wahana Galileo
Penemuan
Ditemukan oleh G. Galilei S. Marius
Tanggal penemuan 7 Januari 1610
Penamaan
Nama alternatif Jupiter III
Ciri-ciri orbit
Periapsis 1 069 200 km
Apoapsis 1 071 600 km
Jari-jari orbit rata-rata 1 070 400 km
Eksentrisitas 0,001 3
Periode orbit 7,154 552 96 hari
Kecepatan orbit rata-rata 10,880 km/s
Inklinasi 0,20° (dari khatulistiwa Jupiter)
Satelit dari Jupiter
Ciri-ciri fisik
Jari-jari rata-rata 2634,1 ± 0,3 km (0,413 Bumi)
Luas permukaan 87,0 juta km 2 (0,171 Bumi)
Volume 7,6 × 10 10 km 3 (0,0704 Bumi)
Massa 1.4819 × 10 23 kg (0,025 Bumi)
Massa jenis rata-rata 1,936 g / cm 3
Gravitasi permukaan 1,428 m/s 2 (0,146 g )
Kecepatan lepas 2,741 km/s
Periode rotasi sinkron
Kemiringan sumbu 0–0,33°
Albedo 0,43 ± 0,02
Suhu permukaan min. rata-rata maks.
K 70 110 152

/td> Magnitudo semu 4,61 ( oposisi ) 4.38 (tahun 1951) Atmosfer Tekanan permukaan jejak Komposisi per volume oksigen

Ganimede adalah satelit alami planet Jupiter dan merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya, Ganimede adalah satelit terbesar ketujuh di Tata Surya dan satelit Galileo ketiga dari Jupiter. Satelit ini mengitari planetnya selama tujuh hari. Ganimede turut serta dalam resonansi orbit 1:2:4 dengan satelit Europa dan Io,

Satelit ini lebih besar diameternya dibanding planet Merkurius, namun massanya hanya sekitar setengahnya. Satelit ini sebagian besar terdiri dari batu silikat dan es air. Ganimede merupakan benda langit yang berdiferensiasi sepenuhnya dengan inti yang cair, kaya akan besi. Samudra air asin dipercaya ada pada hampir 200 km di bawah permukaan Ganimede, yang diapit lapisan-lapisan es.

Permukaannya terdiri dari dua macam bentuk medan permukaan. Daerah gelap, yang penuh akan kawah tubrukan yang berasal dari hingga 4 miliar tahun yang lalu, menutupi sepertiga permukaan satelit itu. Daerah yang lebih terang, yang dilewati oleh alur-alur dan punggung bukit yang besar dan hanya sedikit lebih tua, menutupi sisanya.

Penyebab kacaunya geologi medan permukaan terang itu tidak sepenuhnya diketahui, namun mungkin karena aktivitas tektonik yang ditimbulkan oleh pemanasan pasang-surut, Ganimede adalah satu-satunya satelit dalam Tata Surya yang diketahui memiliki magnetosfer, yang mungkin timbul karena konveksi dalam inti besi cairnya.

Magnetosfer yang kecil itu terkubur oleh medan magnet Jupiter yang jauh lebih besar dan terhubung dengannya lewat garis medan terbuka. Satelit itu mempunyai atmosfer oksigen tipis yang termasuk O, O 2, dan mungkin O 3 ( ozon ). Hidrogen atomik adalah penyusun atmosfer yang sedikit.

  • Apakah satelit itu mempunyai ionosfer yang berkaitan dengan atmosfernya masih belum diketahui.
  • Orang yang dihargai sebagai penemu Ganimede adalah Galileo Galilei,
  • Ia merupakan astronom pertama yang mengamati satelit ini pada tahun 1610.
  • Nama satelit itu segera diusulkan oleh astronom Simon Marius,
  • Marius mengusulkan Ganimede, pembawa cangkir dewa-dewi Yunani dan kesayangan Zeus,

Semenjak misi Pioneer 10, wahana angkasa telah mampu memeriksa Ganimede dari dekat. Wahana Voyager memperbaiki pengukuran terhadapnya, sedangkan wahana Galileo menemukan samudra bawah tanah dan medan magnetnya. Misi baru ke satelit-satelit es Jupiter, Europa Jupiter System Mission (EJSM) diusulkan untuk diluncurkan pada tahun 2020.

Apa satelit terbesar Jupiter?

Ganymede merupakan satelit terbesar dan menempati urutan ketujuh di tata surya. Satelit Jupiter ini, merupakan satelit ketiga yang ditemukan oleh Galileo. Menurut para peneliti, ukuran satelit ini lebih besar dari planet Merkurius.

Disebut apakah satelit terbesar kelima di tata surya?

Bulan – Google Arts & Culture Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa ​¹⁄₈₁ dari Bumi.

Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit Jupiter.Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol.

Bulan adalah benda langit yang paling terang setelah Matahari. Meskipun Bulan tampak sangat putih dan terang, permukaan Bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahan yang sedikit lebih tinggi dari aspal cair. Sejak zaman kuno, posisinya yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi.

Apa satelit terbesar di tata surya?

Ganymede adalah satelit dan bulan terbesar di tata surya yang ukurannya lebih besar dari Planet Merkurius. Ganymede, satelit terbesar, mengorbit planet terbesar di tata surya, yakni Jupiter.

Apa saja satelit di tata surya?

TABEL SATELIT-SATELIT PLANET TATA SURYA – Penamaan dan kelompok satelit pada setiap planet akan mudah untuk dipelajari. Berikut tabel satelit-satelit planet tata surya.

Planet Satelit
Bumi Bulan
Mars Phobos dan Deimos
Jupiter lo, Europa, Ganymede, Callisto, Thebe, Leda, Metis, Amalthea, Adrastea, Himalia, Themisto, Lisithea, Dia, Carpo, Euanthe, Orthosie, Locaste, Thelxinoe, Euporie, Herse, Ananke, Thyone, Kale, Eurydome, Pasithee, dan beberapa satelit lainnya.
Saturnus Titan, Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Hyperion, Lapetus, Phoebe, Epimetheus, Talesto, Calypso, Atlas, Ymir, Bergelmir, Fenrir, dan beberapa satelit lainnya.
Uranus Miranda, Ariel, Umbriel, Oberon, Titania, Cordelia, Ophelia, Cressida, Desdemona, Julier, Bianca, Rosalind, Belinda, Caliban, Puck, Portia, Prospero, Francisco, Trinculo, Cupid, Mad, dan beberapa satelit lainnya.
Neptunus Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, S/2004N1, Proteus, Triton, Nereid, Halimede, Sao, Lomedeia, Psamathe, Neso, dan beberapa planet lainnya.

Satelit ada berapa?

Kemudian sejak itu, jumlah satelit yang diluncurkan terus meroket dengan lebih dari 1.300 satelit baru pada 2020 dan menjadi lebih dari 1.400 pada tahun 2021. Secara total menurut United Nations’ Outer Space Objects Index ada sekitar 7.500 satelit aktif di LEO pada September 2021.

Apa saja satelit alam terbesar di Tata Surya kita?

5. Ganymede – earthsky.org Satelit alam Ganymede merupakan satelit alam terbesar yang ada di Tata Surya kita, dengan ukuran diameter mencapai 5.200 km. Bahkan, Ganymede adalah satu-satunya satelit alam yang memiliki medan magnetnya sendiri, seperti dicatat dalam laman NASA,

Ganymede merupakan satelit alam dari Planet Jupiter yang dapat memunculkan aurora. Hal ini terjadi karena medan magnetik di Ganymede dapat menimbulkan pita gas yang menyala. Para astronom telah mengamati Ganymede melalui teleskop luar angkasa Hubble pada 1996 silam dan menemukan adanya lapisan oksigen yang sangat tipis.

Namun, kadar oksigennya terlalu tipis untuk mendukung kehidupan biologis. Itulah lima satelit alam terbesar yang ada di Tata Surya kita. Ternyata, ukuran Bulan masih kalah besar dibandingkan dengan satelit alam lainnya, ya! Baca Juga: 12 Foto Bumi dari Satelit yang Bikin Kamu Merasa ‘Kecil’ IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.

Apa itu tata surya?

Tata surya bukan hanya menampung objek angkasa berupa planet dan bintang saja. Faktanya, dalam tata surya kita juga terdapat banyak satelit alam atau bulan yang ada di orbit beberapa planet. Dengan ukuran yang berbeda-beda, satelit alam tentu saja sangat menarik untuk dipelajari oleh banyak ilmuwan dan kalangan akademisi.

Berapa ukuran satelit Bumi?

1. Io – bulan io (nasa.gov) Io adalah salah satu bulan atau satelit alam yang ukuran fisiknya lebih besar ketimbang bulan milik Bumi. Sekadar informasi, ukuran fisik Bulan (nama satelit alam milik Bumi) mencapai radius 1.737 kilometer. Itu berarti Bulan memiliki diameter sekitar 2.159 kilometer dan ukuran ini kurang dari sepertiga ukuran Bumi.