Sebutkan Dua Kutub Yang Ada Pada Baterai?

Sebutkan Dua Kutub Yang Ada Pada Baterai
KOMPAS.com – Program Belajar dari Rumah TVRI 25 Agustus 2020 SD Kelas 4-6 membahas tentang Sumber Listrik. Pada tayangan Belajar dari Rumah ( BDR ) TVRI 25 Agustus 2020 SD Kelas 4-6 , terdapat tiga pertanyaan. Berikut ini soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI 25 Agustus 2020 SD Kelas 4-6 : Pertanyaan: Jelaskan bagaimana baterai bisa menghasilkan listrik ! Jawaban: Baterai memiliki sel elektrokimia yaitu kutub positif (katoda) dan kutub negatif (anoda).

  1. Baterai bisa menghasilkan listrik jika kutub positif dan kutub negatif dihubungkan dengan penghantar arus listrik, seperti kabel dan bola lampu.
  2. Arus listrik yang dihasilkan baterai berasal dari reaksi kimia di dalam baterai itu sendiri.
  3. Etika baterai dihubungkan dengan rangkaian eksternal, elektrolit berpindah sebagai ion sehingga baterai akan mengalirkan arus listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa fungsi separator pada baterai?

Konstruksi dan Bagian-Bagian Baterai / Accu / Aki Baterai atau accu atau aki merupakan bagian dari sistem kelistrikan kendaraan yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik sementara dan nantinya digunakan sebagai sumber energi listrik untuk sistem kelistrikan lainnya, misalnya untuk sistem starter, sistem pengapian, sistem penerangan dan lain sebagainya.

  1. Baterai ini menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.
  2. Arena baterai ini digunakan secara terus menerus maka arus listrik yang tersimpan di dalam baterai lama kelamaan akan habis oleh sebab itu pada kendaraan terdapat sistem pengisian yang bertujuan untuk mengisi arus listrik di dalam baterai kembali.

Konstruksi dari baterai terdiri dari beberapa bagian, antara lain elektrolit, plat positif, plat negatif, separator, sel baterai, penghubung sel, pembatas sel, kotak baterai, tutup baterai dan terminal baterai. Konstruksi dan bagian-bagian baterai Elektrolit Elektrolit merupakan larutan asam sulfat dengan air suling.

You might be interested:  Tata Surya Terdiri Atas Titik-Titik Dan Benda-Benda Langit Yang Mengelilinginya?

Berat jenis elektrolit baterai bila terisi penuh yaitu 1,260 atau 1,280 pada suhu elektrolit 20 0 C. Berat jenis elektrolit baterai bila terisi penuh dapat berbeda-beda, hal ini dikarenakan perbandingan campuran antara asam sulfat dan air suling yang belum tentu sama perbandingannya. Elektrolit yang berat jenisnya 1,260 saat terisi penuh maka kandungan asam sulfatnya adalah 35% sedangkan kandungan air sulingnya adalah 65%.

Sedangkan pada elektrolit dengan berat jenis 1,280 saat terisi penuh mengandung 37% asam sulfat dan 63% air suling. Penting : Elektrolit baterai merupakan asam yang kuat, sehingga apabila cairan elektrolit terkena kulit atau mata kita akan dapat membuat gatal dan merasa terbakar serta bila cairan ini terkena baju maka dapat merusakkan baju sehingga bila cairan ini terkena kulit atau baju maka segera basuh dengan menggunakan air yang mengalir.

  1. Namun bila cairan terkena mata maka basuh mata dengan air yang mengalir lalu bawa ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Otak baterai Kotak baterai merupakan bagian yang berfungsi untuk menampung elektrolit dan elemen baterai.
  3. Pada baterai, ruangan di dalam kotak baterai dibagi menjadi 6 bagian atau 6 sel.

Pada kotak baterai juga terdapat tanda batas permukaan atas (upper level) dan tanda permukaan bawah (lower leverl). Selain itu, juga terdapat spesifikasi baterai yang ditulis pada kotak baterai. Plat baterai Di dalam baterai terdapat dua jenis plat yaitu plat positif dan plat negatif.

Kedua plat ini memiliki grid yang terbuat dari antimoni dan paduan timah. Bahan yang digunakan untuk membuat plat positif adalah antimoni yang dilapisi dengan lapisan aktif oksida timah (lead dioxide, PbO2) yang memiliki warna cokelat. Sedangkan plat negatif terbuat dari sponge lead (Pb) yang memiliki warna abu-abu.

Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan dari baterai untuk dapat mengalirkan arus adalah jumlah dan ukuran dari plat-plat baterai. Semakin besar plat-plat baterai dan semakin banyak plat-plat baterai maka semakin besar pula arus yang dapat dihasilkan.

  1. Separator Separator atau penyekat merupakan komponen yang berada di dalam kotak baterai.
  2. Separator ini terletak di antara plat positif dan plat negatif.
  3. Pada separator terdapat pori-pori yang dapat memungkinkan elektrolit dapat melewatinya.
  4. Bagian separator ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya hubungan singkat antara plat positif dengan plat negatif.
You might be interested:  Tenaga Kerja Yang Tidak Melalui Pendidikan Dan Latihan Adalah?

Sel baterai Sel baterai atau elemen baterai terdiri dari plat positif dan plat negatif dan diantara kedua plat tersebut dibatasi dengan separator. Sel-sel yang terdapat dalam baterai saling dihubungkan secara seri sehingga jumlah dari sel-sel baterai akan menentukan besar tegangan dari baterai tersebut.

    Pemisah sel Pemisah sel atau cell partition merupakan bagian di dalam baterai yang berfungsi untuk memisahkan tiap-tiap sel yang ada di dalam baterai. Terminal baterai

Terminal baterai terdiri dari dua buah terminal yaitu terminal positif dan terminal negatif. Terminal-terminal ini terletak pada bagian atas baterai. Tutup baterai Tutup baterai berfungsi untuk menutup lubang pengisian elektrolit baterai. Selain itu, pada tutup baterai terdapat lubang ventilasi yang berfungsi untuk keluarnya gas hidrogen yang terbentuk saat proses pengisian sehingga gas tersebut tidak berada di dalam baterai.