Tenaga Kerja Yang Tidak Melalui Pendidikan Dan Latihan Adalah?

Tenaga Kerja Yang Tidak Melalui Pendidikan Dan Latihan Adalah
Jenis Tenaga Kerja – Pada umumnya, tenaga kerja memiliki kriteria yang harus dipenuhi, yaitu berada pada usia produktif atau usia kerja yaitu antara 18 tahun sampai dengan 64 tahun. Pembagian tenaga kerja di Indonesia sendiri dapat dikelompokan menjadi 4 jenis.

Menurut Sifatnya

Jika dilihat dari sifatnya maka tenaga kerja dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu:

  • Tenaga Kerja Jasmani Tenaga Kerja Jasmani adalah tenaga kerja yang dituntut untuk menggunakan tenaganya dalam melakukan suatu pekerjaan. Tenaga kerja jenis ini jumlahnya sangat banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan tenaga kerja yang bekerja dengan kecerdasan otak dan pikirannya.
  • Tenaga Kerja Rohani Tenaga kerja rohani berbanding terbalik dengan tenaga kerja jasmani, dimana mereka lebih mengandalkan bekerja dengan menggunakan kemampuan otak dan pikirannya daripada tenaga yang mereka miliki. Tenaga kerja ini biasanya adalah orang yang bekerja di tempat yang relatif bersih dan nyaman seperti perkantoran.

Menurut Kemampuannya

Untuk tenaga kerja menurut kemampuannya dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  • Tenaga Kerja Terdidik Tenaga kerja terdidik merupakan tenaga kerja yang memiliki riwayat pendidikan tinggi dan biasanya pendidikan tertinggi untuk tenaga kerja jenis ini adalah maksimal telah lulus dengan predikat S1.
  • Tenaga Kerja Terlatih Tenaga kerja terlatih biasanya mengandalkan keterampilan dan kemampuan khusus yang dimilikinya. Biasanya, tenaga kerja ini tidak memerlukan pendidikan dan hanya membutuhkan pelatihan terlebih dahulu sebelum dapat bekerja.

Tenaga Kerja Tidak Terdidik Tenaga Kerja Tidak terdidik merupakan tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan ataupun pelatihan terlebih dahulu. Tenaga kerja ini juga tidak memiliki keharusan untuk memiliki keterampilan khusus.

Menurut Jenis Pekerjaannya

Jika dilihat dari jenis pekerjaan yang dilakukan, tenaga kerja dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Tenaga Kerja Lapangan naga Kerja Lapangan adalah tenaga kerja yang bekerjanya terjun langsung ke lapangan bahkan terkadang berhubungan langsung dengan pelanggan.
  • Tenaga Kerja Pabrik Tenaga kerja pabrik adalah mereka yang bekerja di sebuah pabrik, biasanya di bagian produksi.
  • Tenaga Kerja Kantor Tenaga kerja kantor adalah mereka yang bekerja dalam sebuah kantor atau instansi atau perusahaan. Mereka biasanya adalah orang-orang yang terpilih dengan kemampuan atau keahlian khusus.
You might be interested:  What Is Our Solar System Name?

Menurut Hubungannya Dengan Produk

Berdasarkan hubungan dengan produk, maka jenis tenaga kerja dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • Tenaga Kerja Langsung Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang terjun langsung menangani suatu produk atau barang. Biasanya, dalam sebuah perusahaan yang besar, jumlah tenaga kerja langsung yang dibutuhkan terbilang sangat banyak guna mempercepat proses produksi.
  • Tenaga Kerja Tidak Langsung Sedangkan tenaga kerja tidak langsung adalah mereka yang tetap berhubungan dengan produk atau barang tetapi tugasnya bukanlah membuat melainkan merencanakan dan mengawasi produksi. Mereka yang tergolong tenaga kerja tak langsung biasanya memiliki pendidikan yang tinggi.

Buruh termasuk apa?

Organisasi Buruh –

ILO – International Labour Organization FSPS – Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa ABM – Aliansi Buruh Menggugat FPBJ – Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek SPSI – Serikat Pekerja Seluruh Indonesia SPN – Serikat Pekerja Nasional FSBI – Federasi Serikat Buruh Independen GASBIINDO – Gabungan Serikat-serikat Buruh Islam Indonesia KASBI – Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia FSPMI – Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia FSP KEP – Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan dan Umum ASPEK Indonesia – Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia

Buruh pada dasarnya adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik secara jasmani maupun rohani. Buruh pada dasarnya hanya menunjuk kepada tenaga kerja di bidang industri dan jasa.

Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja eksekutif?

1. Tenaga Eksekutif – Tenaga kerja yang memiliki tugas pokok dalam hal mengambil keputusan dan menjalankan fungsi organik manajemen. Ruang lingkup tugas ini, antara lain meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan. Tenaga eksekutif ini harus memiliki ilmu manajemen yang baik dan visioner.

You might be interested:  Bagian Baterai Yang Tersusun Dari Zat Cair Adalah?

Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja yang tidak terdidik dan tidak terlatih?

Halo Aning, kakak bantu jawab ya:) Tenaga kerja yang bekerja hanya mengandalkan tenaga saja tanpa ada keunggulan lain. Contoh: Kuli, buruh cuci. Penjelasan: Tenaga kerja merupakan penduduk usia produktif (15 tahun hingga 64 tahun) yang bekerja, sedang mencari pekerjaan atau tidak bekerja karena sesuatu hal.

Jenis tenaga kerja terdiri dari bermacam-macam. Berdasarkan kemampuan dan kualitas pekerja, maka tenaga kerja dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu Tenaga Kerja Terdidik, Tenaga Kerja Terampil dan Tenaga Kerja Tidak Terdidik & Tidak Terampil (Pekerja Kasar). Tenaga Kerja Tidak Terdidik & Tidak Terampil (Pekerja Kasar) adalah tenaga kerja yang bekerja hanya mengandalkan tenaga saja tanpa ada keunggulan lain.

Contoh: Kuli, buruh cuci. Semoga membantu. Have a nice day:) –