Yang Dikenal Sebagai Bintang Berekor Dalam Tata Surya Adalah?

Yang Dikenal Sebagai Bintang Berekor Dalam Tata Surya Adalah
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis. Kata “komet” berasal dari bahasa Yunani, kometes (κομήτης) yang berarti “rambut panjang”.Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang.

  • Orang Jawa menyebutnya sebagai lintang kemukus karena memiliki ekor mirip ‘kukus’ atau berdebu.
  • Di samping itu, ekornya juga mirip buah kemukus yang dikeringkan.
  • Omet terbentuk dari es dan debu.
  • Omet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari.
  • Etika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor.

Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Panjang “ekor” komet dapat mencapai jutaan km. Beberapa komet menempuh jarak lebih jauh di luar angkasa daripada planet.

  • Beberapa komet membutuhkan ribuan tahun untuk menyelesaikan satu kali mengorbit Matahari.
  • Omet dapat dilihat ketika masih jauh dari matahari, bagian yang pertama kali dilihat adalah inti komet.
  • Omet merupakan benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku.

Komet sering juga disebut dengan bintang berekor. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. Komet merupakan benda angkasa seperti lapisan batu yang terlihat mempunyai cahaya dikarenakan adanya gesekan-gesekan atom-atom di udara.

Asal Usul Komet Komet berasal dari awan Oort yang terletak di sisi luar sistem tata surya. Awan Oort berisi triliunan komet. Seiring berjalannya waktu, komet-komet berpisah dari awan dan terlempar ke matahari. Inti komet terletak di pusat, terbuat dari gas serta debu batuan dan merupakan benda padat yang stabil.

Pada saat komet mendekati matahari, sebagian materi tersebut terlempar dari permukaan inti komet. Ekor ion, dapat mencapai 100 juta kilometer, terbentuk dari proses ionisasi gas pada saat berinteraksi dengan angin matahari; dan ekor komet selalu menjauhi matahari. Bagian Komet Bagian-bagian komet terdiri dari inti, koma, awan hidrogen, dan ekor. Bagian-bagian komet sebagai berikut.

You might be interested:  Merawat Baterai Laptop Yang Tidak Bisa Dilepas?

Inti, merupakan bahan yang sangat padat, diameternya mencapai beberapa kilometer, dan terbentuk dari penguapan bahan-bahan es penyusun komet, yang kemudian berubah menjadi gas. Koma, merupakan daerah kabut atau daerah yang mirip tabir di sekeliling inti. Lapisan hidrogen, yaitu lapisan yang menyelubungi koma, tidak tampak oleh mata manusia. Diameter awan hidrogen sekitar 20 juta kilometer. Ekor, yaitu gas bercahaya yang terjadi ketika komet lewat di dekat Matahari.

Jenis-Jenis Komet: Komet berekor panjang, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat jauh melalui daerah-daerah yang sangat dingin di angkasa sehingga berkesempatan menyerap gas-gas daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas sehingga membentuk koma dan ekor yang sangat panjang.

Contohnya, komet Kohoutek yang melintas dekat Matahari setiap 75.000 tahun sekali dan komet Halley setiap 76 tahun sekali. Komet berekor pendek, yaitu komet dengan garis lintasannya sangat pendek sehingga kurang memiliki kesempatan untuk menyerap gas di daerah yang dilaluinya. Ketika mendekati Matahari, komet tersebut melepaskan gas yang sangat sedikit sehingga hanya membentuk koma dan ekor yang sangat pendek bahkan hampir tidak berekor.

Contohnya komet Encke yang melintas mendekati Matahari setiap 3,3 tahun sekali.

Mengapa jumlah bintang di tata surya begitu banyak?

Teori terbentuknya jagat raya sudah dikemukakan para ahli beberapa dekade silam. Pembentukan jagat raya yang populer dalam sudut pandang geografi ada 4 yaitu teori big bang (ledakan besar), teori keadaan tetap (stabil), teori mengembang (oscilliating), dan teori alam semesta quantum.

  • Terlepas dari keempat teori diatas, perlu dijelaskan bahwa pengertian jagat raya ialah ruang tidak terbatas yang menyediakan unsur-unsur partikel di dalamnya.
  • Jagat raya terbagi atas berbagai macam anggota tata surya,
  • Tata surya dipimpin oleh sebuah bintang sebagai poros atau hanya berperan sumber energi serta cahaya.
You might be interested:  How Much Is A Solar Panel Roof?

Contoh di planet bumi, keadaan siang hari dipengaruhi energi panas bintang yang disebut matahari. Pada malam hari, planet bumi tetap mendapatkan penerangan dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh bulan. Jumlah bintang secara umum terdapat macam, penjelasannya sebagai berikut.

  • Bintang adalah benda langit yang memiliki sumber cahaya mandiri atau secara sederhana disimbolkan mempunyai cahaya sendiri.
  • Di permukaan bumi kita dapat melihat bintang dalam wujud matahari pada siang hari dan nampak gemerlap kelap-kelip seperti kunang-kunang di langit pada malam hari.
  • Jumlah yang begitu banyak tersebut dikarenakan persebaran bintang di tata surya tak dapat dihitung.

Sistem tata surya sendiri adalah kumpulan benda langit yang mengitari bintang sebagai pusat revolusi. Pengertian tersebut dinamakan heliosentris, yaitu matahari sebagai pusat tata surya. Revolusi benda langit dalam tata surya dipengaruhi oleh gaya gravitasi matahari.

  1. Perputaran benda langit mengelilingi matahari yang paling besar disebut planet.
  2. Terdapat 8 planet yang mengitari matahari yaitu Planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus.
  3. Pengertian Bintang Bintang adalah bola gas panas yang sangat besar, terutama hidrogen dan helium.

Temperaturnya sangat tinggi di intinya sehingga terjadi fusi nuklir, menghasilkan energi. Tekanan luar gas yang dipanaskan oleh fusi diimbangi oleh tarikan gravitasi ke dalam, meninggalkan bintang dalam keseimbangan hidrostatik. Keseimbangan kekuatan ini berlangsung selama sebagian besar kehidupan bintang, mempertahankan suhu tetapnya.

Mengapa Tata Surya terletak jauh dari daerah padat bintang?

Konteks galaksi – Lokasi Tata Surya di dalam galaksi Bima Sakti. Tata Surya terletak di galaksi Bima Sakti, sebuah galaksi spiral yang berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya dan memiliki sekitar 200 miliar bintang, Matahari berlokasi di salah satu lengan spiral galaksi yang disebut Lengan Orion, Letak Matahari berjarak antara 25.000 dan 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi, dengan kecepatan orbit mengelilingi pusat galaksi sekitar 2.200 kilometer per detik.

  1. Setiap revolusinya berjangka 225-250 juta tahun.
  2. Waktu revolusi ini dikenal sebagai tahun galaksi Tata Surya.
  3. Apex Matahari, arah jalur Matahari di ruang semesta, dekat letaknya dengan rasi bintang Herkules terarah pada posisi akhir bintang Vega,
  4. Lokasi Tata Surya di dalam galaksi berperan penting dalam evolusi kehidupan di Bumi,
You might be interested:  Apa Fungsi Matahari Dalam Sistem Tata Surya?

Bentuk orbit bumi adalah mirip lingkaran dengan kecepatan hampir sama dengan lengan spiral galaksi, karenanya bumi sangat jarang menerobos jalur lengan. Lengan spiral galaksi memiliki konsentrasi supernova tinggi yang berpotensi bahaya sangat besar terhadap kehidupan di Bumi.

Situasi ini memberi Bumi jangka stabilitas yang panjang yang memungkinkan evolusi kehidupan. Tata Surya terletak jauh dari daerah padat bintang di pusat galaksi. Di daerah pusat, tarikan gravitasi bintang-bintang yang berdekatan bisa menggoyang benda-benda di Awan Oort dan menembakan komet-komet ke bagian dalam Tata Surya.

Ini bisa menghasilkan potensi tabrakan yang merusak kehidupan di Bumi. Intensitas radiasi dari pusat galaksi juga memengaruhi perkembangan bentuk hidup tingkat tinggi. Walaupun demikian, para ilmuwan berhipotesis bahwa pada lokasi Tata Surya sekarang ini supernova telah memengaruhi kehidupan di Bumi pada 35.000 tahun terakhir dengan melemparkan pecahan-pecahan inti bintang ke arah Matahari dalam bentuk debu radiasi atau bahan yang lebih besar lainnya, seperti berbagai benda mirip komet,