Yang Termasuk Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya Adalah?

Yang Termasuk Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya Adalah
Penutup – Di Indonesia, tenaga kerja dibagi menjadi empat jenis, yakni tenaga kerja berdasarkan kualitasnya, berdasarkan sifatnya, berdasarkan jenis pekerjaannya, dan berdasarkan hubungannya dengan produk. Setiap jenis tenaga kerja memiliki peran yang krusial dalam keseluruhan proses produksi barang ataupun jasa.

Karena itu, mereka adalah komponen penting dalam penggerak roda perekonomian negara. Setiap perusahaan pun wajib memenuhi kewajibannya yakni berupa pemberian upah kepada tenaga kerja sesuai tenggat waktu yang ditetapkan. Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan, termasuk anggaran upah atau gaji, perusahaan dapat menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Jenis-Jenis Tenaga Kerja dan Permasalahannya | Ekonomi Kelas 11

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja. Jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari. Yang Termasuk Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya Adalah

Apa saja jenis tenaga kerja menurut kualitasnya?

Dalam suatu perusahaan, proses rekrutmen calon tenaga kerja membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini dikarenakan cukup mendasarnya penilaian terhadap kualifikasi yang dimiliki oleh setiap kandidat. Bagi seorang kandidat jenis tenaga kerja pun demikian.

  1. Saat memutuskan untuk melayangkan surat lamaran terlebih dahulu menimbang sesuai dengan kualitas yang dimiliki, cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan ataukah tidak.
  2. Bagi seorang recruitment perusahaan sudah pasti memiliki kemampuan untuk membedakan kualitas para pekerja yang dibutuhkan, baik dari sisi profesi yang dimiliki kandidat, pendidikan hingga spesialisasi yang harus dimiliki para calon tenaga kerja nantinya.

Untuk saling memahami, baik para kandidat maupun rekruter perlu mengetahui jenis tenaga kerja dilihat dari kualitasnya. Berdasarkan kualitas yang dimilikinya, tenaga kerja dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, dan tenaga kerja tidak terdidik.

  • Tenaga Kerja Terdidik Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang membutuhkan pendidikan terlebih dahulu sebelum dapat melakukan pekerjaannya.
  • Dimana, jenis tenaga kerja ini harus memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu baik dengan pendidikan formal maupun non formal.
  • Baca juga: Jenis-jenis Tenaga Kerja ) Adapun contoh dari tenaga kerja terdidik ini antara lain, guru, dokter, pengacara, polisi, dan lain sebagainya.
You might be interested:  Lembaga Yang Mengawasi Pengembangan Tenaga Kerja Profesional Adalah?

Tenaga Kerja Terlatih Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan dan hanya membutuhkan pelatihan terlebih dahulu sebelum dapat bekerja. Pada umumnya jenis tenaga kerja ini telah ditempa oleh pengalaman dan keterampilan sebelumnya, karena dibutuhkan latihan secara berulang-ulang, sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut.

  1. Contoh dari tenaga kerja terlatih antara lain tukang pahat, tukang jahit, sopir, maupun montir.
  2. Tenaga Kerja Tidak Terdidik Tenaga kerja tidak terdidik dan tak terlatih merupakan tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan maupun pelatihan terlebih dahulu.
  3. Jenis pekerjaan ini dapat dilakukan bagi yang memiliki kemauan karena hanya mengandalkan tenaga saja.

Sebagai contoh, kuli, buruh angkut, pembantu rumah tangga, pengangkut sampah, dan lain sebagainya. Yang Termasuk Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitasnya Adalah Please follow and like us:

Apa yang dimaksud dengan tenaga kerja menurut kualitasnya?

Klasifikasi tenaga kerja – Berdasarkan kualitasnya tenaga kerja dibedakan menjadi tiga bentuk, yakni tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terampil, dan tenaga kerja tidak terdidik.

Tenaga kerja terdidik

Tenaga terdidik adalah tenaga yang memiliki suatu keahlian dalam bidang tertentu. Mereka memiliki keahlian tersebut dengan cara sekolah di pendidikan formal atau pendidikan non formal.

Tenaga kerja terampil

Tenaga kerja terampil merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan juga pengalaman. Tenaga kerja terdidik dibutuhkan latihan secara berulang-ulang. Sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut.

Tenaga kerja tidak terdidik

Tenaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja. Baca juga: Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.