Beranda » Artikel » Desain » Tiga Pertimbangan Awal Pemasangan Panel Surya di Atap Rumah

Tiga Pertimbangan Awal Pemasangan Panel Surya di Atap Rumah

PVinAsia.com – Seiring hari biaya berlangganan listrik yang semakin mahal ataupun isu ramah lingkungan sering sekali terdengar. Hal ini mendasari adanya gerakan energi terbarukan. Banyak cara dan metode yang dapat digunakan dalam mengupgrade energi energi listrik. Paling simple dan mudah adalah dengan mengaplikasikan panel surya di atap rumah anda. Pemasangan panel surya di atap rumah anda dapat jadikan solusi untuk kebutuhan energi listrik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang panel surya di rumah:

 1. Selaraskan dengan Kebutuhan dan Keuangan

Pemasangan panel surya di atap rumah sebagai pemasok energi listrik memang cukup efektif dan ampuh. Namun anda perlu mempertimbangkan untuk apa anda memasang panel surya di rumah anda. Apakah anda ingin memasang panel surya untuk sepenuhnya menggantikan pasokan listrik utama di rumah anda atau hanya menambah daya listrik saja?

Sebelum memasang panel surya, anda berhak menentukan kebutuhan terlebih dulu. Hal ini sangat penting karena berapapun dan atas alasan apapun anda memakai panel listrik, tentunya akan ada biaya yang harus anda keluarkan di awal pemasangan. Biayanya pun akan tergantung dari kebutuhan dan tujuan pemasangan panel surya di rumah.

2. Pilih Lokasi Pemasangan Panel Surya Yang Tepat

Lokasi yang tepat harus mempertimbangkan arah datangnya sinar matahari. Jika pemasangan panel surya anda terhalang oleh bangunan ataupun pepohonan, maka lebih baik menghindari daerah tersebut. Sudut kemiringan dari panel surya juga perlu anda pertimbangkan agar dapat menangkap banyak sinar matahari. Jika anda ragu, anda dapat meminta bantuan ahli dalam bidang panel surya supaya pemasangan panel surya menjadi lebih efektif.

3. Luas Ketersediaan Lahan serta Kapasitas Daya yang Dapat Ditampung

Mengacu pada poin pertama, setelah anda menetapkan tujuan dalam melakukan pemasangan panel surya. Selebihnya, anda perlu mempertimbangkan berapa besar daya yang dapat ditampung oleh panel surya tersebut. Jika kapasitas penggunaan listrik anda lebih besar daripada daya tampung panel surya itu sendiri, tentu hal ini tidak dapat bekerja dengan maksimal dan dapat membahayakan keselamatan akan resiko terjadinya over capacity.

Hal tersebut sangat perlu diantisipasi dari awal supaya resiko-resiko lainnya dapat dihindari dan tak menyebabkan dampak yang fatal. Seberapa besar dan kecil daya tampung panel surya, anda wajib mempertimbangkan luas area serta ketersediaan lahan untuk pemasangan panel surya.